Eri Murniasih (2009) Penerapan pembelajaran fisika berbasis inkuiri dengan the 5 e learning cycle model dalam meningkatkan kemampuan bekerja ilmiah dan hasil belajar siswa kelas VII-A SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Eri Murniasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penggunaan metode pembelajaran yang masih didominasi oleh ceramah dalam pembelajaran fisika merupakan salah satu faktor penyebab kurang berkembangnya aspek bekerja ilmiah dan hasil belajar siswa. Pembelajaran berbasis inkuiri dengan The 5E Learning Cycle Model merupakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa. Aktivitas setiap tahap atau fase dalam The 5E Learning Cycle Model melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran.Tujuan penalitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bekerja ilmiah siswa dan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis inkuiri dengan The 5E Learning Cycle Model. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2006/2007 berjumlah 36 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Analisis data berupa analisis deskriptif dan gain score ternormalisasi untuk hasil belajar aspek kognitif. Untuk kemampuan bekerja ilmiah hasil belajar aspek afektif dan hasil belajar aspek psikomotorik digunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan The 5 E Learning Cycle Model dapat meningkatkan kemampuan bekerja ilmiah siswa dan hasil belajar siswa. Peningkatan kemampuan bekerja ilmiah ditunjukkan oleh peningkatan rerata persentase sebesar 21 50%. Hasil Belajar siswa kognitif siswa meningkat hal ini dibuktikan oleh perolehan 0 1 pada siklus I menjadi 0 3 pada siklus II. Untuk aspek afektif dan psikomotorik juga mengalami peningkatan. Aspek afektif meningkat sebesar 14 40% sedangkan aspek psikomotorik mengalami peningkatan sebesar 22 46%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17921 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |