Nurul Hikmah Wijayanti (2009) Penerapan pembelajaran fisika berbasis inkuiri dengan the 5 E learning cycle model untuk meningkatkan kemampuan bekerja ilmiah dan hasil belajar siswa kelas VII-E SMP Negeri 4 Lawang / Nurul Hikmah Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kurang lengkapnya alat-alat percobaan menjadi alasan guru fisika SMPN 4 Malang lebih dominan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi dalam pembelajaran. Siswa pasif enggan bertanya dan kurang mampu menerapkan konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari merupakan indikator rendahnya kemampuan kerja ilmiah siswa yang merupakan dampak dari metode ceramah guru. Rendahnya nilai ulangan siswa dan kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran merupakan indikator rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang menarik dan dapat melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Penerapan pembelajaran dengan the 5 E Learning Cycle Model dapat melibatkan siswa secara aktif pada setiap fase pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bekerja ilmiah dan hasil belajar melalui penerapan pembelajaran fisika berbasis inkuiri dengan the 5 E Learning Cycle Model. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-E SMPN 4 Malang tahun ajaran 2006/2007 berjumlah 39 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis gain score ternormalisasi untuk hasil belajar siswa aspek kognitif sedangkan analisis hasil belajar aspek afektif psikomotorik kemampuan bekerja ilmiah dan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis inkuiri dengan the 5 E Learning Cycle Model dapat meningkatkan kemampuan bekerja ilmiah siswa yang ditunjukkan oleh peningkatan persentase seluruh aspek kemampuan bekerja ilmiah yang diamati dan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa yang meningkat terdiri dari hasil belajar aspek kognitif dari 0 44 di siklus I meningkat menjadi 0 54 pada siklus II. Hasil belajar aspek psikomotrik mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 71 47% menjadi 93 67% pada siklus II dan untuk hasil belajar aspek afektif pada siklus I diperoleh 74 81% meningkat pada siklus II sebesar 91 81%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17918 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |