Studi kasus sikap empati anak kelompok b di TK Muslimat nu 14 Nurul Huda Karangduren kabupaten Malang / Nur Santi Dwi Handini - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kasus sikap empati anak kelompok b di TK Muslimat nu 14 Nurul Huda Karangduren kabupaten Malang / Nur Santi Dwi Handini

Handini, Nur Santi Dwi (2020) Studi kasus sikap empati anak kelompok b di TK Muslimat nu 14 Nurul Huda Karangduren kabupaten Malang / Nur Santi Dwi Handini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Handini Nur Santi Dwi 2020. Studi Kasus Sikap Empati Anak Kelompok B di TK Muslimat NU 14 Nurul Huda Karangduren Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd. M.Pd (11) Nur Anisa S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Perilaku Prososial Sikap Empati Anak TK Kelompok B Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran umum sikap empati anak kelompok B di TK Muslimat NU 14 Nurul Huda (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi sikap empati anak kelompok B di TK Muslimat NU 14 Nurul Huda (3) Upaya guru dan orang tua dalam mengembangkan sikap empati anak kelompok B di TK Muslimat NU 14 Nurul Huda (4) Hasil pengembangan sikap empati anak kelompok B di TK Muslimat NU 14 Nurul Huda oleh guru dan orang tua. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus tunggal. Penelitian ini menggunakan 3 metode dalam pengambilan data yaitu (1) Wawancara (2) Observasi dan (3) Dokumentasi. Didukung dengan bukti dari ketiga metode tersebut dalam lampiran catatan lapangan catatan wawancara dan lembar dokumentasi. Terdapat 4 tahapan analisis data yaitu (1) Pengumpulan data (2) Reduksi data (3) Penyajian data dan (4) Kesimpulan dan Verifikasi. Penelitian ini menghasilkan gambaran umum sikap empati anak kelompok B yang dilihat dari beberapa aspek empati yaitu aspek sensitivitas peduli sportivitas solidaritas kerja sama toleransi menolong dan tenggang rasa. Faktor yang mempengaruhi perkembangan empati anak usia dini yaitu faktor interaksi dengan saudara interaksi dengan orang tua kecerdasan (intelligence) faktor sosial Gender dan faktor hubungan dekat. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru maupun orang tua dalam mengembangakan sikap empati anak baik di rumah maupun di sekolah yaitu dengan melakukan pembiasaan di rumah maupun di sekolah melaui kegiatan bermain peran menjadi model penerapan sikap empati kepada teman atau dijadikan diri sebagai contoh memberikan motivasi memberikan kesempatan anak dalam menyelesaikan permasalahan maupun konflik dan membiasakan bercerita atau mendongeng. Serta hasil pengembangan sikap empati anak kelompok B oleh guru dan orang tua dapat dilihat dari beberapa aspek empati yaitu aspek sensitivitas solidaritas sportivitas kerja sama toleransi dan peduli. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah sikap empati anak kelompok B di TK Muslimat NU 14 Nurul Huda sudah mulai berkembang dapat dilihat dari beberapa aspek tetapi masih ada salah satu aspek yang belum muncul yaitu aspek tenggang rasa sehingga guru maupun orang tua perlu melakukan pembiasaan baik di rumah maupun di sekolah serta memberikan contoh lagi untuk bersikap empati kepada orang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/179177

Actions (login required)

View Item View Item