pengembangan media interaktif berbasis web (e-learning) untuk pembelajaran bidang sains tema alam semesta anak usia 5-6 tahun pada masa pandemi covid-19 / irma yusrona amri - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan media interaktif berbasis web (e-learning) untuk pembelajaran bidang sains tema alam semesta anak usia 5-6 tahun pada masa pandemi covid-19 / irma yusrona amri

Amri, Irma Yusrona Amri (2021) pengembangan media interaktif berbasis web (e-learning) untuk pembelajaran bidang sains tema alam semesta anak usia 5-6 tahun pada masa pandemi covid-19 / irma yusrona amri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Terjadinya pandemi covid-19 memberikan dampak terhadap pendidikan sehingga pemerintah dan lembaga terkait menghadirkan alternatif pada proses pembelajaran yaitu belajar dilakukan secara jarak jauh atau belajar dalam jaringan (daring) dengan bantuan orang tua. Kondisi yang terjadi pada saat ini membuat pendidik(guru) harus kreatif agar pembelajaran tetap berjalan dan tersampainya ilmu dari guru ke peserta didik (anak). Penggunaan dan pemanfaatan media interaktif dinilai cocok untuk menjadi solusi yang permasalah tersebut. Media yang dikembangkan akan memberikan dorongan kepada anak untuk belajar dalam kondisi apapun terutama dalam pembelajaran daring. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk yang bernama ldquo PENAKU (Pembelajaran Elektronik Anak Usia Dini) rdquo dengan kriteria keefektif keefisien dan menarik digunakan untuk anak usia dini. Selain itu hasil penelitian ini dapat dijadikan alat bantu guru dalam menyediakan media pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar anak dan dapat bermakna bagi anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R amp D) dengan model pengembangan Lee amp Owens yang terdiri dari 5 tahapan sebagai berikut (1) analisis (2) perencanaan (3) pengembangan (4) implementasi (5) evaluasi. Setelah melakukan penelitian awal pengembangan dimulai dengan membuat rancangan hingga media jadi dan siap digunakan. Tahap validasi dilakukam kepada ahli media ahli materi guru kelas kelompok B kemudian di ujicobakan kepada 53 anak di TK Negeri Pembina Tulungagung. Hasil pengembangan media interaktif dinyatakan valid dengan perolehan persentase sebesar 96% dari ahli media 90% dari ahli materi 92% dari guru kelas kelompok B 94.58% uji coba kelompok kecil 97.17% uji coba kelompok besar. Media interaktif dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan perolehan persentase sebesar 93.95% menunjukkan bahwa pembelajaran dengan memanfaatkan media interaktif mampu meningkatkan hasil belajar anak. Kesimpulannya media interaktif pada bidang sains tema alam semesta ini menghasilkan produk yang valid layak dan dapat meningkatkan hasil belajar anak dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti menyarankan (1) Ketika anak menggunakan media di bawah pengawasan guru/orang tua (2) Para guru menggunakan media ini dalam proses pembelajaran tema alam semesta (3) Kepala sekolah menyediakan fasilitas untuk pemanfaatan media secara maksimal (4) Dilakukan penelitian lebih lanjut yang relevan (5) Dinas pendidikan diharapkan mengadakan pelatihan penggunaan dan pembuatan media sejenis serta melakukan proses diseminasi produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/179176

Actions (login required)

View Item View Item