. meningkatkan kreatifitas anak usia dini melalui metode bermain plastisin. / Nina Rosdiana Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

. meningkatkan kreatifitas anak usia dini melalui metode bermain plastisin. / Nina Rosdiana Hidayat

Hidayat, Nina Rosdiana Hidayat (0000) . meningkatkan kreatifitas anak usia dini melalui metode bermain plastisin. / Nina Rosdiana Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan kreatifitas merupakan kemampuan berpikir untuk menghasilkan sesuatu yang baik berupa gagasan atau cara baru untuk menghasilkan perpecahan atau masalah atau karya nya yang unik. Dalam sisdikmas NO 20 tahun 2003. Kemampuan kreativitas anak dalam kelompok A harus bisa berkreasi sesuai dengan idenya sendiri. Hasil obserfasi yang di peroleh dari kemampuan kreatifitas anak didik kelompok A PAUD DI TK KEMALA BHAYANGKARI 23 LUMAJANG bahwa masih belum sesuai dengan harapan 27 anak hanya 7 anak yang kreatif atau berkembang. Hal ini terlihat dari cara anak mengerjakan tugas guru hanyan dengan mencontohka tidak berani / tidak mau mencoba atau menambah bentuk kreatifitas bermain plastisin berdasarkan masalah tersebut untuk mengoptimalkan kemampuan kreatifitas anak di lakukan kegiatan melalui bermain plastisin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kegiatan melalui bermain plastisin dapat meningkatkan kemampuan kreatifitas anak pada kelompok A di PAUD TK KEMALA BHAYANGKARI 23 LUMAJANG Peneliti ini mengunakan penelitian tindakan kelas yang di rancang dalam bentuk siklus berulang menggunakan dua siklus yang terdiri atas 4 tahap .yaitu perencanaan pelaksanaan Tindakan pengamatan /observasi refleksi. Subjek dari peneliti ini adalah anak kelompok A PAUDTK KEMALA BHAYANGKARI 23 LUMAJANG berjumlah 27 anak yang terdiri dari atas 17 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Metode pengumpulan data mengunakan lembar observasi dan refleksi sedangkang analisis data yang di gunakan adalah statistik hasil siklus l menunjukan bahwa kemampuan kreatifitas anak sebesar 40% hasil ini belum sesuai dengan kriteria tingkat pencapaian anak besar 45% maka penelitianini berlanjut pada siklus ll. Hasil penelitian pada siklus ll menunjukan bahwa. Kemampuan kreatifitas anak kurang lebing meningkat menjadi 55% berdasarkan penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa melalui bermain plastisin dapat meningkatkan kreatifitas anak pada kelompok A di PAUD TK KEMALA BHAYANGKARI 23 LUMAJANG.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/179162

Actions (login required)

View Item View Item