Pengaruh alat permainan papan gembira edukatif terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di rumah ilmu kendal pecabean / Annisa Balqis - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh alat permainan papan gembira edukatif terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di rumah ilmu kendal pecabean / Annisa Balqis

Balqis, Annisa Balqis (2021) Pengaruh alat permainan papan gembira edukatif terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di rumah ilmu kendal pecabean / Annisa Balqis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rasa percaya diri merupakan salah satu karakter yang sangat penting untuk ditanamkan dan ditumbuhkan kepada anak usia dini. Percaya diri dapat diartikan sebagai keyakinan seseorang atas kemampuan diri sendiri bahwa mampu mengembangkan keyakinan dan kehalian yang dimiliki dengan sikap otimis dan berani bertindak dalam mengambil sebuah keputusan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeksripsikan pengaruh permainan papan gembira edukatif terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di Rumah Ilmu Kendal Pecabean. Sebuha permainan papan gembira edukatif ini dibuat sama seperti permainan ular tangga namun peneliti mengganti nama permainan tersebut. Pada dasarnya permainan ular tangga edukatif ini banyak sekali manfaatnya dan dapat mengembangkan segala aspek perkembangan anak tergantung bagaimana peneliti memfokuskan isi permainan tersebut dengan aspek perkembangan yang ingin dikembangkan. Dalam penelitian ini peneliti membuat permainan ular tanga edukatif untuk mengembangkan kepercayaan diri anak. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen One Group Pretest-Posttest yang masuk ke dalam Pre Eksprimental Designs (nondesigns) yang menggunakan tiga teknik pengambilan data yaitu observasi pretest dan posttest wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Rumah Ilmu Kendal Pecabean dengan subjek penelitian sebanyak 10 anak. Instrumen penilaian yang sudah dibuat sebelum digunakan harus di uji validasi dengan menggunakan uji konstruk. Analisis data menggunakan uji-t ( Uji Paired Sample T-Test) dengan SPSS 23.0 dimana dapat ditentukan bahwa permainan papan gembira edukatif berpengaruh terhadap kepercayaan diri anak. Pada hasil pretest menunjukkan hasil yaitu klasifikasi tinggi terdapat 50% klasifikasi sedang 40% dan klasifikasi rendah 10% sedangkan pada hasil posttest menunjukkan hasil yaitu klasifikasi tinggi terdapat 60% klasifikasi sedang 20% dan klasifikasi rendah 20%. Hasil uji t yang diperoleh dengan menggunakan SPSS 23.0 menunjukkan nilai t sebesar 7 264 dengan hasil nilai t tabel 2 306 didapatkan sebagai dasar acuan dalam mencari nilai t tabel dengan menggunakan tabel distribusi t. Kesimpulannya bahwa Ha diterima dan Ho ditolak dengan nilai t hitung 7 264 gt nilai t tabel 2 306 yang artinya Permainan Papan Gembira Edukatif memiliki pengaruh terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di Rumah Ilmu Kendal Pecabean. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai kegiatan untuk mesntimulus kepercayaan diri anak bahan perbandingan dan referensi untuk penelitian lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/179157

Actions (login required)

View Item View Item