Aulia Tri Herdiati (2009) Penilaian aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif oleh guru fisika SMA Negeri Kota Malang tahun ajaran 2006-2007 / oleh Aulia Tri Herdiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keberhasilan proses pendidikan sangat ditentukan oleh pelaksanaan dan sistem penilaian yang dilakukan. Belum terwujudnya manusia Indonesia seutuhnya boleh jadi diakibatkan oleh sistem penilaian pendidikan yang belum baik. Sasaran penilaian yang kurang berimbang pada semua aspek dan pengunaan cara penilaian yang tidak sesuai merupakan faktor utama yang menyebabkan keadaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sasaran penilaian cara penilaian dan tahapan penilaian terhadap aspek kognitif psikomotorik dan afektif siswa SMA yang dilakukan oleh guru fisika SMA Negeri Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode survey. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian berupa angket. Sampel penelitian ini adalah guru fisika dari 10 SMA Negeri Kota Malang yang diambil atas dasar pertimbangan tertentu dari Diknas dan keterbatasan waktu serta biaya. Data yang terkumpul di analisis dengan teknik persentase sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya guru fisika SMA Negeri Kota Malang telah melakukan penilaian dengan sasaran penilaian yang mencakup hampir seluruh aspek yang berkaitan dengan proses belajar mengajar hasil belajar dan program pengajaran. Persentase guru fisika SMA Negeri Kota Malang yang melakukan penilaian terhadap proses belajar mengajar adalah 92.91% hasil belajar aspek kognitif (93.95%) hasil belajar aspek psikomotorik (86.68%) dan hasil belajar aspek afektif (94.64%) serta program pengajaran adalah 92.73%. Guru-guru fisika SMA Negeri Kota Malang dalam menilai proses belajar mengajar lebih sering menggunakan cara pengecekan atau evaluasi terhadap rencana pembelajaran (RP) yaitu 41.13%. Sedangkan pada penilaian terhadap hasil belajar guru fisika SMA Negeri Kota Malang lebih sering menggunakan cara tes lisan (22.1%) untuk aspek kognitif cara penilaian unjuk kerja (29.83%) untuk aspek psikomotorik dan cara penilaian tingkah laku (51.57%) untuk aspek afektif. Guru-guru fisika SMA Negeri Kota Malang menilai program pengajaran yang telah mereka susun lebih sering dengan cara meminta bantuan kepada teman sejawat yaitu 60.95%. Pada umumnya (97.73%-88.64%) guru fisika SMA Negeri Kota Malang telah melakukan tahap penilaian sampai dengan tahap verifikasi data. Sebagian besar (69.09%) guru fisika SMA Negeri Kota Malang melanjutkan tahap tersebut sampai dengan tahap analisis hasil tes. Sebagian kecil (30.91%) guru fisika SMA Negeri Kota Malang tidak melakukan tahap analisis hasil tes.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17913 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |