Talking stick sebagai teknik peningkatan motivasi dan hasil belajar pada pokok materi keragaman suku bangsa dan budaya studi kasus siswa kelas V semester I SDN Sumbersuko II Pasuruan / Aksinatul Prima - Repositori Universitas Negeri Malang

Talking stick sebagai teknik peningkatan motivasi dan hasil belajar pada pokok materi keragaman suku bangsa dan budaya studi kasus siswa kelas V semester I SDN Sumbersuko II Pasuruan / Aksinatul Prima

Prima, Aksinatul (2011) Talking stick sebagai teknik peningkatan motivasi dan hasil belajar pada pokok materi keragaman suku bangsa dan budaya studi kasus siswa kelas V semester I SDN Sumbersuko II Pasuruan / Aksinatul Prima. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci talking stick motivasi belajar hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di SDN Sumbersuko II Pasuruan diperoleh informasi dari guru kelas V bahwa pelaksanaan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah pemberian tugas dan sesekali diberikan tanya jawab. Pada pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru sebagian besar aktivitas dilakukan oleh guru sehingga usaha melibatkan siswa agar aktif dalam proses pembelajaran mengalami hambatan. Kondisi tersebut menyebabkan siswa menjadi kurang termotivasi dan hasil belajar yang kurang memuaskan. Salah satu teknik pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah teknik talking stick. teknik talking stick adalah teknik pembelajaran yang dapat membantu siswa belajar dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan memberikan kesempatan siswa untuk mengungkapkan gagasan. Sehingga siswa dapat berperan secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan (1) Apakah teknik talking stick dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN Sumbersuko II Pasuruan (2) Apakah teknik talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sumbersuko II Pasuruan Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sumbersuko II Pasuruan dengan jumlah 32 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Teknik analisa data yang digunakan yaitu observasi angket dan pre test post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik talking stick dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada siklus I berdasarkan angket motivasi siswa adalah 4 07 dengan kategori baik. Pada siklus II diperoleh sebesar 4 58 dengan kategori sangat baik. Peningkatan motivasi belajar siswa berdasarkan angket motivasi sebesar 0 51 atau 51%. Dengan teknik talking stick hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hasil belajar dari nilai rata-rata sebesar 80 63 pada siklus I meningkat menjadi 86 88 pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 6 25. Adapun saran yang dapat diberikan adalah (1) Bagi kepala sekolah hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam upaya memperbaiki pembelajaran di SDN Sumbersuko II Pasuruan. Karena pembelajaran dengan menggunakan teknik talking stick telah terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. (2) Bagi guru disarankan untuk menggunakan teknik talking stick sebagai salah satu alternatif pembelajaran di dalam kelas karena pembelajaran dengan menggunakan teknik talking stick telah terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. (3) Bagi siswa hendaknya lebih meningkatkan aktivitas dalam pembelajaran karena aktivitas siswa sangat penting dalam pembelajaran. (4) Bagi peneliti berikutnya hendaknya melakukan penelitian pembelajaran dengan menggunakan teknik talking stick secara berlanjut. Misalnya pada sampel yang lebih luas jenjang pendidikan yang berbeda atau materi yang lain sehingga pembelajaran dengan teknik talking stick dapat diakui sebagai salah satu teknik pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/179

Actions (login required)

View Item View Item