Pengembangan media game eduikasi untuk pembelajaran nilai karakter peduli lingkungan pada anak usia 5-6 tahun / Santi Wahyuningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media game eduikasi untuk pembelajaran nilai karakter peduli lingkungan pada anak usia 5-6 tahun / Santi Wahyuningtyas

Wahyuningtyas, Santi (2020) Pengembangan media game eduikasi untuk pembelajaran nilai karakter peduli lingkungan pada anak usia 5-6 tahun / Santi Wahyuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuningtyas Santi. 2020. Pengembangan Media Game Edukasi Untuk Pembelajaran Nilaik Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. (II) Rosyidamayani Twinsari Maningtyas S.Psi. M.Pd. Kata Kunci karakter game edukasi metode ADDIE. Pembelajaran nilai karakter peduli lingkungan pada anak perlu dilakukan dengan cara yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar anak. Tujuan dilakukannya penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan produk berupa game edukasi untuk pembelajaran nilai karakter peduli lingkungan pada anak usia 5-6 tahun yang teruji secara valid oleh ahli praktis serta efektif dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan melalui lima tahapan prosedur pengembangan ADDIE yaitu pertama Analysis analisis kebutuhan analisis materi pembelajaran dan analisis lingkungan sebagai bahan membuat produk kedua Design perancangan kerangka media pembelajaran berbasis game edukasi yang akan dikembangkan ketiga Development pembuatan aplikasi sesuai perencanaan desain yang telah dibuat keempat Implementation menerapkan aplikasi yang dikembangkan melalui uji coba kepada pengguna dan audience kelima Evaluation perbaikan produk game edukasi berdasarkan pengamatan saat implementasi. Hasil analisis validasi gabungan (ahli materi dan ahli media) mendapatkan hasil persentase sebesar 94% yaitu Sangat Valid. Penilaian oleh pengguna untuk mengetahui kepraktisan dari media game edukasi peduli lingkungan mendapatkan hasil persentase sebesar 98% mengacu pada tabel kriteria validitas persentase 98% adalah Sangat Praktis dan penilaian capaian hasil belajar anak untuk mengetahui keefektifan dari media pembelajaran game edukasi peduli lingkungan mendapatkan hasil persentase sebesar 95% mengacu pada tabel kriteria validitas persentase 95% adalah Sangat Efektif. Hasil validasi gabungan dari validasi ahli validasi pengguna dan validasi audience adalah 95 6%. Mengacu pada tabel kriteria validitas maka hasil validasi media pembelajaran game edukasi peduli lingkungan dengan persentase 95 6% adalah Sangat Layak. Media pembelajaran game edukasi peduli lingkungan hasil pengembangan ini dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah. Guru maupun orangtua mengenal media pembelajaran game edukasi peduli lingkungan dan menerapkannya untuk menyampaikan informasi peduli lingkungan baik saat kegiatan belajar mengajar di kelas maupun di rumah. Penelitian lebih lanjut juga perlu diadakan mengenai peningkatan serta pengaruh kompetensi anak mengenai peduli lingkungan sebelum dan sesudah menerapkan media pembelajaran game edukasi peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/178982

Actions (login required)

View Item View Item