Penerapan kegiatan menggambar dengan teknik cetak tinggi untuk meningkatkan kemampuan seni rupa anak kelompok a / Awella Bilqies Pramandha - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kegiatan menggambar dengan teknik cetak tinggi untuk meningkatkan kemampuan seni rupa anak kelompok a / Awella Bilqies Pramandha

Pramandha, Awella Bilqies Pramandha (2021) Penerapan kegiatan menggambar dengan teknik cetak tinggi untuk meningkatkan kemampuan seni rupa anak kelompok a / Awella Bilqies Pramandha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan observasi di TK Kusuma Mulia III dan wawancara yang telah dilakukan peneliti ditemukan bahwa terdapat 13 dari 16 anak yang mempunyai aspek kemampuan seni rupa dalam pembelajaran masih rendah. Latar belakang dari permasalahan tersebut adalah kurangnya kegiatan seni rupa khusunya dalam kegiatan menggambar dengan teknik cetak tinggi. Kegiatan menggambar dengan teknik cetak tinggi pernah dilakukan satu kali dan hasilnya belum maksimal sehingga diperlukan stimulus untuk meningkatkan aspek kemampuan seni rupa anak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan kegiatan menggambar dengan teknik cetak tinggi dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan seni rupa menggambar dengan teknik cetak tingi pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia III Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang berupa hasil observasi wawancara dokumentasi. Serta pendekatan kuantitatif yang berupa persentase keberhasilan kegiatan menggambar dengan teknik cetak tinggi. Proses penelitian dilakukan dalam tiga tahap yaitu pra tindakan siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan setiap siklus terdiri atas planning (rencana) action (tindakan) observation (pengamatan) dan reflection (refleksi). Terdapat tiga indikator penilaian yang digunakan yaitu kemampuan anak dalam menghasilkan karya/ide kemampuan anak dalam memberikan jawaban atas pertanyaan dari guru serta kemampuan anak dalam mengerjakan karya dengan ulet dan sabar. Penerapan kegiatan menggambar dengan teknik cetak tinggi terbukti dapat meningkatkan kemampuan seni rupa anak. Dapat dilihat dari penelitian pra tindakan dengan hasil 18.75% meningkat menjadi 31.75% pada siklus I pertemuan pertama. Pada setiap siklus selalu terjadi peningkatan hingga hasil akhir adalah 87.5% yang artinya sudah mencapai kriteria yang ditetapkan. Penerapan kegiatan menggambar dengan teknik cetak tinggi dapat diterapkan pada pembelajaran dengan menyediakan warna bermacam sehingga anak bisa bereksplorasi. Peneliti selanjutnya dapat menjadikan penelitian ini sebagai rujukan dalam meningkatkan aspek motorik anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/178976

Actions (login required)

View Item View Item