Pengembangan Multimedia interaktif kelas v SD Tema 7 muatan IPS materi peristiwa kebangsaan pada masa penjajahan / Mirinda Putri Ayu Fatimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Multimedia interaktif kelas v SD Tema 7 muatan IPS materi peristiwa kebangsaan pada masa penjajahan / Mirinda Putri Ayu Fatimah

Fatimah, Mirinda Putri Ayu (2020) Pengembangan Multimedia interaktif kelas v SD Tema 7 muatan IPS materi peristiwa kebangsaan pada masa penjajahan / Mirinda Putri Ayu Fatimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SD yaitu media yang digunakan guru sebatas gambar-gambar yang ada di buku siswa. Hasil observasi juga menunjukkan jika laboratorium komputer di SDN Dadaprejo 01 Batu belum dimanfaatkan dengan optimal dalam pembelajaran. Maka dari itu dikembangkan multimedia interaktif materi peristiwa kebangsaan pada masa penjajahan kelas V SD sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Tujuan pengembangan tersebut yaitu menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran berupa multimedia interaktif untuk kelas V SD tema 7 muatan IPS materi peristiwa kebangsaan pada masa penjajahan yang dinyatakan layak menurut ahli media ahli materi guru dan yang praktis digunakan oleh siswa kelas V SD. Rancangan penelitian ini menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan pengembangan yaitu analisis perancangan pengembangan implementasi dan evaluasi. Tahap implementasi merupakan tahap uji coba produk pengembangan yang dilakukan melalui dua tahapan yaitu uji validasi dilakukan oleh ahli materi serta ahli media dan uji coba lapangan dilakukan oleh guru kelas V dan lima orang siswa kelas V SD. Uji coba lapangan hanya dilakukan oleh lima orang siswa karena adanya covid-19 . Data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi ahli media serta ahli materi angket keterterapan produk dan angket respon siswa. Angket yang sudah diisi dianalisis menggunakan kriteria kelayakan dan kepraktisan. Hasil validasi multimedia dapat dilihat dari angket validasi produk multimedia interaktif mendapatkan skor 95% dari ahli media pembelajaran 97 5% dari ahli materi dan 85% dari pengguna (guru). Skor yang didapatkan dari ahli media ahli materi dan guru termasuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan. Multimedia interaktif juga sangat praktis dan sangat baik digunakan. Hal tersebut dapat dilihat dari angket respon siswa mendapatkan skor 98%. Multimedia interaktif materi peristiwa kebangsaan pada masa penjajahan kelas V SD masih perlu dilakukan revisi kecil. Revisi tersebut dilakukan berdasarkan komentar dan saran dari ahli media pembelajaran ahli materi dan guru. Multimedia interaktif yang dikembangkan sangat layak dan sangat praktis digunakan oleh siswa kelas V SD. Multimedia interaktif ini dapat dijadikan sebagai media tambahan untuk muatan IPS materi peristiwa kebangsaan pada masa penjajahan kelas V SD. Produk multimedia interaktif dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh peneliti selanjutnya sebagai bahan masukan dalam pengembangan media pembelajaran yang sama. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan produk dengan materi dari tema dan subtema yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/178593

Actions (login required)

View Item View Item