Pengembangan buku ajar tematik kelas ii tema 7 berbasis pendekatan saintifik dan karakter cinta tanah air / Yurinda Setyahari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar tematik kelas ii tema 7 berbasis pendekatan saintifik dan karakter cinta tanah air / Yurinda Setyahari

Setyahari, Yurinda (2020) Pengembangan buku ajar tematik kelas ii tema 7 berbasis pendekatan saintifik dan karakter cinta tanah air / Yurinda Setyahari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setyahari Yurinda. 2020. Pengembangan Buku Ajar Tematik Kelas II Tema 7 Berbasis Pendekatan Saintifik dan Karakter Cinta Tanah Air. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Putri Mahanani S.Pd. M.Pd (II) Dr. Sutarno M.Pd Kata Kunci Pengembangan Buku ajar Saintifik Cinta Tanah Air Penerapan kurikulum 2013 memberikan suasana baru bagi pendidikan di Indonesia. Kurikulum 2013 saat ini juga menerapkan pembelajaran tematik dan pendidikan karakter didalamnya. Agar siswa dapat menjadi pribadi yang baik serta berkarakter mulia guru harus dapat mengintegtasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran. Kurangnya kesadaran akan cinta tanah air juga menjadi permasalahan yang penting bagi pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar tematik berbasis pendekatan saintifik dan karakter cinta tanah air yang efektif valid dan praktis. Adanya buku ajar tematik ini diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta tanah air siswa melalui pembelajaran yang berbasis saintifik. Rasa cinta tanah air siswa akan muncul setelah melakukan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna melalui pendekatan saintifik. Metode pada penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R D) atau penelitian pengembangan. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan langkah-langkah pengembangan ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation). Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket validasi ahli materi dan ahli media guru sebagai pengguna dan angket kemenarikan buku ajar oleh siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif pada penelitian ini diperoleh dari masukan validator pada tahap validasi masukan dari ahli materi dan ahli media. Sedangkan kuantitatif adalah data yang dipaparkan berupa hasil pengembangan produk yang disajikan secara presentase dengan menggunakan skala likert sebagai skala pengukuran. Hasil pengembangan buku ajar tematik ini memperoleh skor dari dua validator ahli materi dengan rata-rata 93 38 % dengan kategori sangat layak. Perolehan skor rata-rata dari dua validator ahli media yaitu 95 82 % yang termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil dari validator ahli pengguna (guru) mendapatkan skor akhir yaitu 93 75% dengan kategori sangat layak. Selain itu hasil uji coba kelompok kecil kepada siswa SDN 1 Ngawonggo mendapatkan skor akhir dengan rata-rata 98% dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/178591

Actions (login required)

View Item View Item