Profil pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembiasaan pada siswa kelas iv a di SDN Bareng 3 Kota Malang / Nirwasita Daniswara - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembiasaan pada siswa kelas iv a di SDN Bareng 3 Kota Malang / Nirwasita Daniswara

Daniswara, Nirwasita (2020) Profil pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembiasaan pada siswa kelas iv a di SDN Bareng 3 Kota Malang / Nirwasita Daniswara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Daniswara Nirwasita. 2020. Profil Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Pada Siswa Kelas IV A di SDN Bareng 3 Kota Malang. Skripsi Progam Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Imam Nawawi M.Si. (II) Muchtar S.Pd. M.Si. Kata Kunci pendidikan karakter pembiasaan sekolah dasar Sekolah mempunyai peran dan kewajiban yang penting dalam upaya menanamkan dan menumbuhkan nilai-nilai karakter yang baik. Berdasarkan hasil studi pendahuluan bahwa SDN Bareng 3 Kota Malang merupakan salah satu Sekolah Dasar inti di Kota Malang yang melaksanakan beberapa kegiatan yang mempunyai potensi dalam mengembangkan nilai pendidikan karakter Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan di jenjang pendidikan sekolah dasar yang dilakukan melalui pembiasaan di sekolah Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti bertindak sebagai instrument kunci. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas IV A di SDN Bareng 3 Kota Malang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dokumentasi dan wawancara. Kegiatan analisis data meliputi pengumpulan data reduksi data penyajian data dan verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan melalui perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Tahapan penelitian yang dilakukan yaitu tahap pra lapangan pelaksanaan penelitian dan penyelesaian. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan secara umum bahwa pembiasaan pada siswa kelas IV A dilakukan dalam empat pembiasaan antara lain pembiasaan rutin pembiasaan terprogram pembiasaan keteladanan dan pembiasaan spontan sehingga dapat mewujudkan nilai karakter karakter religius karakter nasionalis karakter mandiri karakter gotong royong dan karakter integritas. Kegiatan pembiasaan rutin yaitu meliputi berjabat tangan dengan guru berbaris sebelum masuk kelas kegiatan berdoa sebelum dan sesudah belajar kegiatan melafalkan pancasila menyanyikan lagu nasional piket kelas sesuai dengan jadwal kegiatan shalat dhuhur berjamaah kegiatan upacara bendera hari senin dan senam bersama setiap hari jumat. Kegiatan pembiasaan terprogram yaitu meliputi kegiatan mendaur ulang sampah kegiatan memperingati hari peduli sampah nasional dan kegiatan jumat bersih. Kegiatan pembiasaan keteladanan yaitu meliputi datang ke sekolah tepat waktu dan berpakaian dengan rapi. Kegiatan pembiasaan spontan yaitu meliputi membuang sampah pada tempatnya duduk ketika makan dan minum dan mengantri. Kendala yang dihadapi yaitu kurangnya kesadaran siswa dalam menerapkan perilaku yang baik dan perilaku negatif yang ada di lingkungan sekeliling siswa dibawa ke sekolah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/178590

Actions (login required)

View Item View Item