Penerapan model group investigation untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar tema 7 indahnya keberagaman di negeriku kelas iv SDN1 Slorok kecamatan Kromengan Kabupaten Malang / Arrizqi Wahyu Putranto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model group investigation untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar tema 7 indahnya keberagaman di negeriku kelas iv SDN1 Slorok kecamatan Kromengan Kabupaten Malang / Arrizqi Wahyu Putranto

Putranto, Arrizqi Wahyu (2020) Penerapan model group investigation untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar tema 7 indahnya keberagaman di negeriku kelas iv SDN1 Slorok kecamatan Kromengan Kabupaten Malang / Arrizqi Wahyu Putranto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 yang terjadi yaitu menggunakan Tema yang terintegrasi dari berbagai kompetensi mata pelajaran. Pembelajaran saat ini yang menggunakan Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran yang menekankan pada aktivitas siswa dengan melakukan pendekatan Sanitifik. Berdasarkan observasi awal bahwa proses pembelajaran yang dilakukan di SDN 1 Slorok Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang kelas IV berpusat kepada guru. Akibatnya proses pembelajaran terjadi satu arah yaitu guru sebagai penyampai materi dan siswa sebagai penerima materi. Oleh sebab itu siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan serta hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Slorok dalam pembelajaran tematik melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam tiga pertemuan untuk tiap siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Slorok. Pengumpulan data menggunakan instrumen catatan lapangan observasi serta dokumentasi. Pengumpulan data penerapan model GI dan keaktifan siswa menggunakan instrumen lembar observasi serta dokumentasi. Pengumpulan data hasil belajar menggunakan data menggunakan instrumen soal evaluasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan penerapan model GI meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada Tema 7 Indahnya Keberagaman di Negeriku SDN 1 Slorok Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang. Penerapan model GI memperoleh nilai 69.44% pada siklus I dan siklus II memperoleh nilai 81.48%. Keaktifan belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran memperoleh nilai 67.45% pada siklus I dan siklus II memperoleh nilai 81.74%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I yaitu memperoleh nilai rata-rata sebesar 83.91 menjadi 92.71 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model GI dapat meningkatkan pembelajaran pada Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV untuk itu disarankan agar guru menerapkan model GI dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/178589

Actions (login required)

View Item View Item