Pengembangan modul IPA berbasis inkuiri terbimbing dengan penguatan karakter rasa ingin tahu pada materi gaya di kelas iv SD N Kebonduren 1 kabupaten <BR>Blitar / Indah Nur Palupi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul IPA berbasis inkuiri terbimbing dengan penguatan karakter rasa ingin tahu pada materi gaya di kelas iv SD N Kebonduren 1 kabupaten <BR>Blitar / Indah Nur Palupi

Palupi, Indah Nur (2020) Pengembangan modul IPA berbasis inkuiri terbimbing dengan penguatan karakter rasa ingin tahu pada materi gaya di kelas iv SD N Kebonduren 1 kabupaten <BR>Blitar / Indah Nur Palupi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN Kebonduren 1 diketahui beberapa masalah yang terdapat dipembelajaran IPA yaitu (1) belum diterapkannya metode dan model pembelajaran yang beragam (2) minim bahan ajar yang dapat digunakan guru sebagai pedoman dalam mengajar (3) siswa sulit untuk fokus pada pelajaran dan cenderung bermain sendiri. Terdapat berbagai cara dalam mengatasi masalah tersebut. Salah satunya berupa pengembangan modul sebagai penanganan permasalahan pembelajaran IPA. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul IPA berbasis inkuiri terbimbing dengan penguatan karakter rasa ingin tahu pada materi gaya untuk kelas IV SDN Kebonduren 1 Kabupaten Blitar yang valid menarik dan praktis. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan Borg and Gall. Langkah-langkah penelitian pengembangan ini meliputi (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi produk (5) revisi produk (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk (10) produksi masal. Pengembangan modul IPA berbasis inkuiri terbimbing divalidasi sebanyak 2 kali oleh ahli materi ahli bahan ajar dan satu kali oleh guru sebagai pengguna. Pada tahap pertama diperoleh rata-rata hasil validasi sebesar 82 3% dengan kategori cukup valid dan pada tahap kedua diperoleh 91 6% dengan kategori sangat valid. Rata-rata hasil kemenarikan terhadap modul pada uji coba produk dan uji coba pemakaian sebesar 96 8% sementara rata-rata hasil kepraktisan pada uji coba produk dan uji coba pemakaian sebesar 99% dengan kategori sangat menarik dan praktis. Hasil validasi dan angket respon siswa menunjukkan modul IPA berbasis inkuiri terbimbing sangat valid menarik dan praktis sehinggga layak digunakan dalam proses pembelajaran. Modul ini memiliki beberapa kelebihan yaitu desain berwarna serta dilengkapi gambar disetiap kegiatan yang sangat menarik kegiatan pada modul mudah dipahami siswa hal ini terbukti pada hasil angket respon siswa kegiatan pada modul ini menggunakan langkah-langkah pendekatan inkuiri terbimbing yang mendorong siswa untuk terampil bertanya dan mengembangkan kemampuan berfikir secara sistematis. Selain itu modul IPA berbasis inkuiri terbimbing mendorong keingin tahuan siswa untuk menggali lebih dalam materi pembelajaran. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan dalam penelitian selanjutnya dengan materi yang berbeda. Sehingga menambah bahan ajar IPA yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/178586

Actions (login required)

View Item View Item