Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi focusky pada materi daur hidup hewan untuk membentuk sikap teliti bagi siswa kelas iv sdn kendangdukuh kabupaten pasuruan / Nuril Qomariah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi focusky pada materi daur hidup hewan untuk membentuk sikap teliti bagi siswa kelas iv sdn kendangdukuh kabupaten pasuruan / Nuril Qomariah

Qomariah, Nuril Qomariah (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi focusky pada materi daur hidup hewan untuk membentuk sikap teliti bagi siswa kelas iv sdn kendangdukuh kabupaten pasuruan / Nuril Qomariah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Focusky merupakan suatu aplikasi presentasi yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran dengan memanfaatkan fitur zoom (memperbesar dan memperkecil) dan path (perpindahan) sehingga dapat menarik siswa dalam proses pembelajaran. Pada penelitian ini dikembangkan media pembelajaran yang dilengkapi dengan pembetukan sikap teliti siswa. Media ini dikembangkan sebagai alternatif pemecahan masalah di kelas IV SDN Kendangdukuh Kabupaten Pasuruan yaitu media terbatas guru jarang memberikan media berupa video khususnya pada muatan IPA materi daur hidup hewan. Selain itu siswa juga tidak pernah mengamati video daur hidup hewan. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengahasilkan media pembelajaran berbasis aplikasi focusky pada materi daur hidup hewan untuk membentuk sikap teliti bagi siswa kelas IV yang valid berdasarkan ahli materi ahli media dan pengguna atau guru serta menarik menurut siswa. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan sesuai dengan model ADDIE yaitu analysis design development implementation dan evaluation. Data yang dianalisis berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil validasi ahli materi dan ahli media kepraktisan oleh guru sebagai pengguna dan kemenarikan oleh siswa. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil komentar dan saran dari ahli materi ahli media pengguna dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi focusky pada materi daur hidup hewan untuk membentuk sikap teliti bagi siswa kelas IV layak digunakan. Validitas produk berdasarkan ahli materi mencapai 100% dan dan ahli media mencapai nilai 100% . Sehingga diperoleh rata-rata validitas 100% yang artinya produk sangat valid. Kepraktisan produk dinilai berdasarkan guru kelas IV sebagai pengguna mencapai nilai 97.9%. yang artinya produk sangat valid. Kemudian kemenarikan produk dinilai berdasarkan angket respon siswa mencapai 94 9% yang artinya produk sangat menarik. Berdasarkan hasil penilaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi focusky pada materi daur hidup hewan untuk membentuk sikap teliti bagi siswa kelas IV sangat valid dan sangat menarik untuk digunakan dalam pembelajaran. Sebaiknya pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi focusky untuk membentuk sikap teliti siswa tidak hanya digunakan pada kelas IV dan materi daur hidup hewan tetapi dapat digunakan pada kelas dan materi yang yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/178583

Actions (login required)

View Item View Item