Nurhidayat, Setika Sidhik (2011) Pengembangan CD pembelajaran quis interaktif mata pelajaran sains sub pokok perkembangbiakan makhluk hidup di SDN Tegalgondo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Setika Sidhik Nurhidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengembangan CD Pembelajaran Quis Interaktif SAINS Selama ini proses pengajaran yang berlangsung di SDN Tegalgondo cenderung menggunakan buku teks yang ada. Buku teks bahkan menjadi sumber utama dalam proses pembelajaran. Buku teks adalah suatu sajian dalam bentuk bahan cetakan yang disusun secara logis dan sistematis tentang suatu cabang ilmu pengetahuan atau bidang studi atau mata pelajaran tertentu . Selain hanya berpedoman pada buku teks pola pembelajaran klasikal yang hanya mengandalkan guru dan buku teks sebagai satu-satunya sumber informasi Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan CD pembelajaran quis interaktif pada mata pelajaran SAINS sub pokok Perkembangbiakan Mahkluk Hidup untuk siswa kelas VI SDN Tegalgondo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang yang dapat membantu proses kegiatan belajar mengajar dan mempermudah penyampaian materi pelajaran yang lebih efektif dan efisien serta dapat memotivasi siswa dalam menerima pelajaran Subjek uji coba dari pengembangan media pembelajaran quis interaktif ini adalah siswa kelas VI SDN Tegalgondo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang metode yang digunakan ialah metode tes yang berfungsi untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains metode tes ini berupa soal pre-test dan pasca tes sedangkan angket digunakan untuk mengetahui pendapat siswa tentang penggunaan quis interaktif dalam pembelajaran. CD quis interaktif ini diujikan kepada ahli media sebanyak 2 orang ahli materi sebanyak 2 orang dan audien (siswa) sebanyak 18 orang. Media quis interaktif untuk siswa di SDN Tegalgondo dinyatakan valid dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dibuktikan bahwa hasil perhitungan statistik dari data ahli media menunjukkan presentase 89 19 % dari ahli materi menunjukkan presentase 78 75 % dari audiens secara kelompok kecil menunjukkan 88 33% dari audien secara kelompok besar menunjukkan 82 83 % maka ini menunjukkan bahwa para ahli setuju bahwa media pembelajaran interaktif ini efektif dapat digunakan dalam proses belajar mengajar mata pelajaran Sains kelas VI di SDN Tegalgondo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang Kesimpulan yang dapat diambil dari pengembangan ini adalah media pembelajaran Sains SD Kelas VI Sub Pokok Bahasan Perkembangbiakan Mahkluk Hidup ini telah divalidasi oleh 2 orang ahli media 2 orang ahli materi yakni guru/pengajar Kelas VI dan Siswa Kelas VI SDN Tegalgondo. Secara keseluruhan validasi media ini dinyatakan valid artinya media pembelajaran yang dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Mar 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/178 |
Actions (login required)
View Item |