Pengembangan paket bimbingan bagi anak pemalu dengan teknik sosiodrama di sekolah dasar kelas tinggi (IV, V, VI) / Setitia Sari Hartono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket bimbingan bagi anak pemalu dengan teknik sosiodrama di sekolah dasar kelas tinggi (IV, V, VI) / Setitia Sari Hartono

Hartono, Setitia Sari (2010) Pengembangan paket bimbingan bagi anak pemalu dengan teknik sosiodrama di sekolah dasar kelas tinggi (IV, V, VI) / Setitia Sari Hartono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Paket bimbingan pemalu sosiodrama anak SD. Sekolah Dasar (SD) kelas tinggi merupakan jenjang pendidikan untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Oleh karena itu segala hambatan yang terjadi pada anak seperti pemalu harus segera ditangani. Teknik sosiodrama dipandang sebagai teknik yang dapat menangani anak pemalu sehingga perlu dikembangkan Paket Bimbingan Bagi Anak Pemalu dengan Teknik Sosiodrama di Sekolah Dasar Kelas Tinggi (IV V VI). Tujuan pengembangan untuk menghasilkan paket bimbingan bagi guru sehingga diharapkan guru dapat mempunyai pegangan untuk mengatasi siswa yang pemalu. Pengembangan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang diadaptasi menjadi model yang sederhana yaitu (1) menentukan potensi dan masalah penelitian (2) mengumpulkan informasi (a) mengkaji bahan pustaka (b) need assessment (3) pengembangan bentuk pendahuluan produk (4) validasi desain (a) uji ahli teoritik (uji ahli BK dan uji ahli pembelajaran di SD) (b) revisi I (c) uji pengguna produk (guru kelas IV V VI dan siswa kelas V) (5)produk akhir pengembangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil uji ahli dan uji pengguna produk paket bimbingan bagi anak pemalu dengan teknik sosiodrama di SD kelas tinggi (IV V VI) memiliki akseptabilitas ditinjau dari empat kriteria yaitu kegunaan kemudahan kemenarikan dan keakuratan. Paket bimbingan bagi anak pemalu dengan teknik sosiodrama ini memiliki beberapa kelebihan yakni produk ini sangat mudah digunakan oleh guru oleh guru kelas IV V VI karena produk ini dilengkapi dengan petunjuk penggunaan serta bagian-bagian yang sudah tersusun dengan baik. Produk ini telah melalui uji ahli sehingga banyak masukan untuk perbaikan produk untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Produk sangat menarik bagi siswa karena dilengkapi dengan warna dan gambar-gambar serta teknik sosiodrama masih jarang digunakan oleh guru. Selain beberapa kelebihan produk pengembangan ini memiliki beberapa kelemahan yakni produk ini masih memerlukan evaluasi dan uji coba pada subyek yang lebih besar atau lebih luas. Saran bagi guru hendaknya mengadakan kerjasama dengan orangtua guru lain dan kepala sekolah untuk membantu siswa pemalu agar pemanfaatan paket bimbingan lebih efektif. Demi perbaikan pengembangan paket bimbingan bagi anak pemalu dengan teknik sosiodrama ini disarankan perlu adanya tindak lanjut oleh peneliti lain yang sesuai dengan pengembangan ini yaitu mengadakan uji lapangan dengan jumlah kelompok yang lebih besar sehingga hasil pengembangan ini dapat terlihat dengan jelas keefektivannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1775

Actions (login required)

View Item View Item