Rizkiyatusnaini (2010) Pembelajaran luas permukaan bangun ruang berdasar pada teori Van Hiele untuk mengetahui kemampuan penalaran dan komunikasi siswa SMP kelas IX / Rizkiyatusnaini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rizkiyatusnaini. 2009. Pembelajaran Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasar pada Teori Van Hiele untuk Mengetahui Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Siswa SMP Kelas IX. Skripsi. Jurusan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Edy Bambang Irawan M. Pd. (II) Dr. H. Makbul Muksar S.Pd M. Si. Kata kunci pembelajaran berpijak pada Teori Van Hiele bangun ruang penalaran dan komunikasi Kemampuan penalaran dan komunikasi matematika dalam materi luas permukaan bangun ruang merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa SMP kelas IX berdasar kurikulum KTSP. Hal ini berarti bahwa pembelajaran luas permukaan bangun ruang harus dilakukan secara maksimal agar kompetensi tersebut dapat tercapai secara optimal. Namun kenyataan yang terjadi di lapangan tidak selalu sejalan dengan apa yang diharapkan. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara dengan guru matematika kelas IX SMP Negeri I Kotaanyar peneliti menemukan bahwa pembelajaran yang berpusat pada guru membuat siswa hanya menghafal pengetahuan dan bekerja secara prosedural tanpa menggunakan penalaran matematisnya. Peneliti berpikir bahwa hal tersebut merupakan masalah bagi siswa. Oleh karena itu sangatlah penting untuk segera menyelesaikannya. Peneliti mencoba mengaplikasikan suatu pembelajaran yang berdasar pada teori Van Hiele dengan langkah-langkah (1) informasi (2) orientasi langsung (3) penjelasan (4) orientasi bebas dan (5) integrasi untuk mengetahui penalaran dan komunikasi siswa kelas IX SMP Negeri I Kotaanyar pada materi luas permukaan bangun ruang. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus meliputi (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan atau observasi dan (4) refleksi hasil tindakan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan prosedur pembelajaran luas permukaan bangun ruang perdasar pada teori Van Hiele untuk mengetahui kemampuan penalaran dan komunikasi siswa SMP kelas IX. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang perdasar pada teori Van Hiele pada materi bangun ruang dapat meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi siswa. Hal ini terlihat pada hasil observasi aktivitas siswa dan hasil tes akhir tindakan. Pada siklus I skor rata-rata aktivitas siswa mencapai 83 38 % dengan kriteria baik dan hasil tes akhir menunjukkan siswa yang tuntas belajar mencapai 77 27%. Sedangkan pada siklus II skor rata-rata aktivitas siswa mencapai 96 33 % dengan kriteria sangat baik dan hasil tes akhir menunjukkan bahwa banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar 86 36 %. Hal ini berarti persentase peningkatan skor rata-rata aktivitas siswa sebanyak 12 95 % dan hasil tes meningkat sebanyak 9 09%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17749 |
Actions (login required)
View Item |