Pengembangan e-modul berbasis saintifik dengan penguatan karakter nasionalis subtema peristiwa kebangsaan masa penjajahan di kelas v sdn 2 purwosari / Umi Laras Dwi Noviani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis saintifik dengan penguatan karakter nasionalis subtema peristiwa kebangsaan masa penjajahan di kelas v sdn 2 purwosari / Umi Laras Dwi Noviani

Noviani, Umi Laras Dwi Noviani (2021) Pengembangan e-modul berbasis saintifik dengan penguatan karakter nasionalis subtema peristiwa kebangsaan masa penjajahan di kelas v sdn 2 purwosari / Umi Laras Dwi Noviani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

E-modul yang dihasilkan digunakan sebagai tambahan bahan ajar tema 7 subtema 1 peristiwa kebangsaan masa penjajahan untuk siswa kelas V di SDN 2 Purwosari. Selain itu juga sebagai alternatif pemecahan masalah di kelas V berupa bahan ajar yang digunakan masih belum lengkap karena untuk mencapai kelengkapan memerlukan banyak referensi sehingga guru harus menyediakan materi tambahan dari internet siswa kurang memahami materi yang diajarkan oleh guru dikarenakan pembelajaran secara daring dan kurangnya rasa nasionalisme siswa. Maka dari itu dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan produk berupa e-modul berbasis saintifik dengan penguatan karakter nasionalis pada subtema peristiwa kebangsaan masa penjajahan di kelas V yang valid menurut ahli materi ahli bahan ajar dan guru sebagai pengguna serta menarik menurut siswa. Model pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu analysis design development implementation dan evaluation. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui instrumen wawancara angket karakteristik siswa serta kritik dan saran dari ahli materi ahli bahan ajar guru dan siswa terkait produk yang dihasilkan. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil penskoran produk dari ahli materi ahli bahan ajar guru dan siswa. Analisis data didapatkan melalui angket validasi untuk ahli bahan ajar ahli materi dan pengguna menggunakan skala likert. Sedangkan analisis terhadap kemenarikan produk dan penguatan karakter nasionalis didapatkan dari angket yang diberikan kepada siswa kelas V selanjutnya angket diolah menggunakan skala Guttman. Produk berupa e-modul berbasis saintifik dengan penguatan karakter nasionalis untuk siswa kelas V layak digunakan. Setelah divalidasikan mendapatkan nilai kevalidan rata-rata dari ahli materi bahan ajar dan pengguna 93 1% dengan kategori sangat valid dimana nilai validasi ahli materi 98% ahli bahan ajar 90 6% dan pengguna 90 6%. Lalu nilai kemenarikan siswa 95 4% dengan kategori sangat menarik dimana kemenarikan dari uji coba kelompok kecil 96 3% sedangkan kemenarikan dari uji coba lapangan 94 5%. Sedangkan nilai karakter nasionalis 97 2% dan berkategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penilaian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis saintifik dengan penguatan karakter nasionalis subtema peristiwa kebangsaan masa penjajahan di kelas V sangat valid dan sangat menarik sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran. Saran penggunaan produk ini yaitu ketika menggunakan produk diperlukan paket internet untuk membuka e-modul melalui link dan mengerjakan soal evaluasi menggunakan aplikasi quizziz. Namun jika terdapat siswa yang kesulitan membuka melalui link dapat membukanya melalui PDF. Saran desiminasi yaitu hendaknya produk disebarluaskan kepada sekolah lain yang berbeda. Sedangkan saran untuk pengembangan ini yaitu penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan subyek yang lebih luas dan perlu mengintegrasi pada tema lain dengan penguatan karakter yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/177307

Actions (login required)

View Item View Item