Analisis pembelajaran menulis pada siswa kelas iv selama masa pandemi di sdn jatijejer kabupaten mojokerto / Yulia Dwi Nur Aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pembelajaran menulis pada siswa kelas iv selama masa pandemi di sdn jatijejer kabupaten mojokerto / Yulia Dwi Nur Aini

Aini, Yulia Dwi Nur Aini (2021) Analisis pembelajaran menulis pada siswa kelas iv selama masa pandemi di sdn jatijejer kabupaten mojokerto / Yulia Dwi Nur Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran menulis harus menggunakan prosedur pembelajaran menulis sesuai tahapan menulis. Pembelajaran menulis ini memiliki tujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam berbahasa meningkatkan kemampuan untuk menalar dan meningkatkan kemampuan siswa untuk mengapresiasi karya tulis. Pembelajaran menulis selama masa pandemi umumnya dilakukan dengan pembelajaran daring. Pembelajaran menulis selama masa pandemi juga dilakukan oleh SDN Jatijejer Kabupaten Mojokerto pembelajaran menulis ini dilakukan dengan pembelajaran tatap muka secara terbatas di sekolah. Pembelajaran menulis tatap muka secara terbatas menjadi suatu tantangan bagi guru karena jumlah jam pelajaran terbatas yaitu 2 jam per hari sedangkan pembelajaran menulis membutuhkan proses yang cukup kompleks. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan perencanaan dan proses pembelajaran menulis pada siswa kelas IV selama masa pandemi di SDN Jatijejer Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini merujuk pada pembelajaran menulis pada siswa kelas IV selama masa pandemi di SDN Jatijejer Kabupaten Mojokerto yang ditinjau dari perencanaan dan proses pembelajaran menulis. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara guru kelas IV observasi proses pembelajaran menulis dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh lalu dianalisis dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran menulis selama masa pandemi telah merencanakan pembelajaran dengan baik. Guru membuat RPP berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi 2019 sesuai Surat Edaran Mendikbud No. 14 Tahun 2019. Komponen RPP tersebut terdiri dari tujuan pembelajaran kegiatan pembelajaran dan penilaian proses serta hasil belajar. Pelaksanaan pembelajaran menulis selama masa pandemi kurang sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat. Langkah-langkah pembelajaran tidak dilakukan sesuai tahapan menulis. Tahapan menulis yang tidak dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu pada tahap revisi dan editing hal ini tidak dilakukan bertujuan untuk menyingkat waktu pembelajaran dan menghindari interaksi siswa satu dengan siswa lain selama masa pandemi. Guru menggunakan teknik 3M (Meniru Mengolah Mengembangkan) dengan menggunakan media gambar profesi yang ditempel di papan tulis. Guru melaksanakan penilaian proses dilakukan selama kegiatan pembelajaran menulis. Selain itu guru melakukan penilaian hasil dari karya tulis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/177306

Actions (login required)

View Item View Item