Pengembangan media doraja (domino aksara jawa) untuk materi pasangan aksara jawa pada siswa kelas v sdn tawang 3 kabupaten kediri / Ayu Rizky Tri Kurniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media doraja (domino aksara jawa) untuk materi pasangan aksara jawa pada siswa kelas v sdn tawang 3 kabupaten kediri / Ayu Rizky Tri Kurniasari

Kurniasari, Ayu Rizky Tri Kurniasari (2021) Pengembangan media doraja (domino aksara jawa) untuk materi pasangan aksara jawa pada siswa kelas v sdn tawang 3 kabupaten kediri / Ayu Rizky Tri Kurniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kurniasari Ayu Rizky Tri. 2021. Pengembangan Media Doraja (Domino Aksara Jawa) untuk Materi Pasangan Aksara Jawa pada Siswa Kelas V SDN Tawang 3 Kabupaten Kediri. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muh Arafik S.Pd. M.Pd. (II) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Kartu Domino Aksara Jawa Media pembelajaran memiliki peranan yang penting dalam suatu proses pembelajaran. Media Doraja (Domino Aksara Jawa) adalah media permainan kartu yang digunakan secara berkelompok. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa di SDN Tawang 3 permasalahan yang terjadi yaitu siswa mengalami kesulitan belajar bahasa Jawa materi pasangan aksara Jawa. Siswa juga banyak yang belum hafal bentuk tulisan aksara Jawa dan pasangannya karena ketika pembelajaran penggunaan media terbatas pada gambar tulisan aksara Jawa. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan pengembangan media pembelajaran kartu domino yang dimodifikasi dengan materi pasangan aksara Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media Doraja yang layak menurut ahli media dan ahli materi praktis menurut guru sebagai pengguna serta menarik bagi siswa sehingga media dapat membantu memudahkan siswa belajar bahasa Jawa materi pasangan aksara Jawa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahap yaitu Analysis Design Development Implementation dan Evaluation. Hasil produk media yang dikembangkan berupa kartu permainan yaitu domino aksara Jawa yang berisi materi pasangan aksara Jawa. Media Doraja telah diuji coba oleh ahli media ahli materi guru dan siswa kelas V sekolah dasar untuk mengetahui validitas produk. Penilaian produk dilakukan melalui lembar angket dengan menggunakan skala likert dan skala guttman. Hasil data uji coba produk media Doraja oleh validator menunjukkan bahwa validasi akhir dari ahli media memperoleh persentase 94 74% yang termasuk kategori sangat valid dan validasi ahli materi memperoleh persentase 73 85% yang termasuk dalam kategori valid sehingga media dapat diuji coba kepada pengguna. Hasil uji coba produk kepada pengguna yaitu guru memperoleh persentase 95 45% yang termasuk kategori sangat praktis dan uji coba oleh siswa memperoleh persentase 96 78% yang termasuk kategori sangat menarik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media Doraja termasuk layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil data uji coba maka produk media Doraja secara umum termasuk dalam kategori valid praktis dan menarik sehingga dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran bahasa Jawa materi aksara Jawa dan pasangannya pada siswa kelas V sekolah dasar. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan media kartu domino dengan memuat mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/177303

Actions (login required)

View Item View Item