Pengembangan model pembelajaran student team tournament untuk pembelajaran nilai-nilai moral siswa kelas IV SDN 2 Polorejo Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo / Rohima Khoirun Nisa' - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran student team tournament untuk pembelajaran nilai-nilai moral siswa kelas IV SDN 2 Polorejo Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo / Rohima Khoirun Nisa'

Nisa', Rohima Khoirun (2020) Pengembangan model pembelajaran student team tournament untuk pembelajaran nilai-nilai moral siswa kelas IV SDN 2 Polorejo Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo / Rohima Khoirun Nisa'. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan kolaborasi merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa. Hal tersebut juga didukung dengan kurikulum 2013 yang menuntut siswa aktif dan mengarahkan diterapkannya pembiasaan untuk bekerja sama dalam kelompok. Bekerja sama dalam kelompok dapat dilakukan melalui penerapan model pembelajaran. Namun model pembelajaran yang diterapkan di kelas IV SDN 2 Polorejo kurang bervariasi dan siswa belum bisa mengikuti alur dari model pembelajaran tersebut dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran yang valid praktis dan efektif. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Adapun langkah-langkah dalam prosedur model ADDIE antara lain (1) analisis (2) desain (3) pengembangan (4) implementasi (5) evaluasi. Data yang digunakan berupa data kuntitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tes angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah produk model pembelajaran Student Team Tournament untuk pembelajaran nilai-nilai moral siswa kelas IV SDN 2 Polorejo Kabupaten Ponorogo. Hasil evaluasi ahli model pembelajaran Student Team Tournament menunjukkan bahwa rata-rata persentase dari ketiga ahli model yaitu 87 3% yang masuk dalam kriteria sangat valid dan sangat baik untuk digunakan. Kemudian penilaian dari ahli materi mendapatkan persentase 93 2%. Uji coba dilakukan kepada 16 siswa kelas IV SDN 2 Polorejo. Data evaluasi dari pengguna yaitu wali kelas IV SDN 2 Polorejo Kabupaten Ponorogo memberikan rata-rata nilai dengan persentase 87 5% yang termasuk pada kriteria sangat praktis. Data respon siswa setelah proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Student Team Tournament memperoleh hasil rata-rata nilai dengan persentase 93% dengan kriteria sangat baik. Rata-rata nilai pre-test dari 16 siswa yaitu 79 25 sedangkan rata-rata nilai post test seluruh siswa 87 2. Diketahui bahwa rata-rata nilai post-test lebih tinggi dari pada nilai pre-test. Model pembelajaran Student Team Tournament terbukti dapat digunakan dalam pembelajaran nilai-nilai moral. Kesimpulan dari hasil penelitian dan pengembangan dinyatakan bahwa model Student Team Tournament sangat valid praktis dan efektif untuk pembelajaran di kelas. Adapun saran yang diberikan yaitu guru hendaknya mempelajari terlebih dahulu tentang model pembelajaran Student Team Tournament agar ada gambaran awal tentang langkah-langkahnya. Pada penerapan model guru juga dapat memanfaatkan media lain tidak hanya banner.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/177301

Actions (login required)

View Item View Item