Pengembangan lkpd berbasis jigsaw pada tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 dengan penguatan karakter tanggung jawab kelas v SDN Karangtengah 2 Kabupaten Trenggalek / Handoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lkpd berbasis jigsaw pada tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 dengan penguatan karakter tanggung jawab kelas v SDN Karangtengah 2 Kabupaten Trenggalek / Handoko

Handoko (2020) Pengembangan lkpd berbasis jigsaw pada tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 dengan penguatan karakter tanggung jawab kelas v SDN Karangtengah 2 Kabupaten Trenggalek / Handoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

SDN Karangtengah 2 kabupaten Trenggalek menerapkan kurikulum 2013 dimana proses pembelajarannya menggunakan buku tematik dan buku penunjang yang berisi latihan-latihan soal. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bahan ajar tersebut kurang efektif dalam memotivasibelajar peserta didik. Sedangkan menurut hasil wawancara peserta didik penggunaan bahan ajar tersebut membuat mereka kesulitan dalam memahami materi khususnya pada pembelajaran Tema 6 Subtema 1 yang membahas mengenai perpindahan kalor. Peserta didik cenderung mengandalkan teman kelompoknya dan kurang memiliki karakter tanggung jawab. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan LKPD berbasis Jigsawpada tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 dengan penguatan karakter tanggung jawab yang valid menurut ahli materi ahli bahan ajar praktis menurut pengguna dan menarik bagi peserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (analyze design development implementation evaluation) yang terdiri atas lima tahap pengembangan yaitu analisis perancangan pengembangan implementasi dan evaluasi. Tahap analisis dilakukan untuk mencari informasi yang dibutuhkan dalam penelitian. Tahap perancangandilakukan untuk menghasilkan desain produk yang sesuai dengan data hasil analisis kebutuhan. Tahappengembangan untuk merealisasikan desain produk. Tahap implementasi merupakan proses penerapan produk. Tahap evaluasimerupakan tahap terakhir yang meliputi evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Hasil penilaian produk LKPD berbasis Jigsawpada Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 dengan penguatan karakter tanggung jawab memperoleh kriteria penilaian sangat layak untuk digunakan. Persentase penilaian menurut ahli materi sebesar 91% ahli media sebesar 90% guru sebagai pengguna sebesar 91 6%. Disamping itu LKPD menurut siswa menarik dan dapat membantu dalam kegiatan pembelajaran yang lebih bermakna.Hasil kepraktisan pada uji coba tahap pertama mendapatkan persentase hasil sebesar 100% dan pada tahap kedua dengan persentase sebesar 94%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis Jigsawpada Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1valid dan praktis digunakan sebagai bahan ajar pada kegiatan pembelajaran. Pemanfaatan LKPD hendaknya disertai dengan bimbingan guru khususnya dalam melakukan kegiatan praktikum. LKPD ini hendaknya dapat digunakan untuk lingkup pendidikan yang lebih luas tidak hanya pada satu sekolah melainkan pada kelas V SD di sekolah yang berbeda

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/177298

Actions (login required)

View Item View Item