Lestari, Sri (2020) Analisis pelaksanaan pembelajaran melalui model problem based learning (pbl) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas IV SDN Karangbesuki 2 Kota Malang / Sri Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan sebuah model yang dapat memfasilitasi siswa dalam upaya pemecahan masalah dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Berdasarkan data awal yang diperoleh dari siswa kelas IV diperoleh hasil bahwa pelaksanaan pembelajaran masih belum optimal kurang kondusif kurang partisipatif dan kurang aktif selain itu juga ditemukan bahwa pembelajaran kurang mengasah dan mewadahi keterampilan memecahkan masalah sehingga tingkat berpikir siswa masih kurang berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran (3) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran melalui model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Karangbesuki 2 Kota Malang. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif karena data yang dihasilkan berupa data kata kata. Jenis penelitian ini merupakan penelitian analisis.Tempat penelitian berada di SDN Karangbesuki 2 Kota Malang dengan waktu penelitian pada bulan Januari April 2020. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah dan terdiri dari 16 siswa laki laki dan 14 siswa perempuan. Sumber data yang diperoleh dari hasil pengamatan hasil tes berpikir kritis siswa wawancara kepada guru dan yang terakhir data dokumentasi perangkat pembelajaran. Teknik analisis dilakukan dengan reduksi data kemudian penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data diperoleh dari peningkatan ketekunan teknik triagulasi data dan penambahan referensi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembelajaran diperoleh dari data perangkat pembelajaran.Data untuk perencanaan pembelajaran diperoleh dari perangkat pembelajaran yang terdapat di sekolah tersebut cukup lengkap meliputi kalender pendidikan rincian minggu efektif prota (program tahunan) promes (program semester) silabus RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) penilaian soal evaluasi program remedial dan pengayaan dan portofoli. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran tematik di Kelas IV SDN Karangbesuki 2 Kota Malang dilaksanakan dengan baik dan runtut sesuai dengan langkah - langkah yang sesuai dengan sintaks model tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru maupun siswa sudah antusias dan aktif mengikuti setiap kegiatan dalam pembelajaran seperti mengamati dan menyimak bacaan bekerja kelompok dan ketika presentasi atau menyampaikan hasil diskusi siswa dapat mengikuti dengan baik dan mendapatkan feedback yang baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1)perangkat pembelajaran di Kelas IV sudah lengkap (2) penerapan model PBL sudah sesuai dengan sintaks / tahap tahap PBL (3) kemampuan berpikir kritis dilihat dari indikator milik Enis berdasarkan aspek kognitif afektif dan psikomotor. Saran yang diperlukan untuk dilakukan antara lain guru dapat membiasakan kegiatan yang dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis permasalahan yang diangkat lebih kontekstual dan mengatasi hambatan yang terjadi pada pelaksanaan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Oct 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/177297 |
Actions (login required)
View Item |