Aplikasi sistem pakar untuk diagnosa hama dan penyakit pada tanaman tomat dengan metode certainty factur / Diaz Ayu Ciptaning Astuti

Astuti, Diaz Ayu Ciptaning (2019) Aplikasi sistem pakar untuk diagnosa hama dan penyakit pada tanaman tomat dengan metode certainty factur / Diaz Ayu Ciptaning Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Astuti, Diaz Ayu Ciptaning. 2018. Aplikasi Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Pada Tanaman Tomat Dengan Metode Certainty Factor Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Susy Kuspambudi Andaini, M.Kom Kata Kunci: sistem pakar, hama dan penyakit, tanaman tomat, Certainty Factor. Indonesia merupakan salah satu Negara agraris terbesar, dimana sebagian besar penduduk Indonesia memiliki profesi sebagai petani. Petani merupakan profesi yang sangat berperan dalam memenuhi kebutuhan pangan penduduk Indonesia. Salah satu tanaman yang sering ditanam oleh petani adalah tanaman tomat. Kesegaran buah tomat merupakan salah satu pertimbangan pembeli dalam membeli buah tomat di pasar, selain faktor harga jual buah tomat tersebut. Hal ini dikarenakan buah tomat yang memiliki kualitas bagus akan memiliki kandungan vitamin yang lebih banyak dan sangat bagus untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, petani tomat perlu untuk menjaga pohon tomat tersebut agar terhindar dari hama maupun penyakit. Pada era modern ini, bahwa tindakan yang cepat dan tepat dalam mendiagnosa hama dan penyakit tanaman tomat tersebut dapat diwujudkan melalui pembuatan sistem pakar. Dimana kepakaran seseorang ditransfer ke komputer, sehingga komputer dapat mendiagnosa layaknya seorang pakar untuk menyimpulkan lewat gejala-gejala yang sudah diinputkan. Gejala-gejala tersebut akan menjadi penentu dari hasil keputusan. Pengimplementasian sistem pakar untuk mengidetifikasikan hama dan penyakit tanaman Tomat dengan cara memasukkan gejala-gejala yang sudah diinputkan di dalam program. Aplikasi diagnosa hama dan penyakit tanaman Tomat ini akan dibuat dalam bahasa pemograman Delphi dimana metode yang digunakan adalah metode Certainty Factor. Berdasarkan pengembangan yang telah dilakukan sebelumnya, pengembangan aplikasi ini mampu beroperasi secara offline/tanpa koneksi internet, selain itu data yang digunakan lebih spesifik yaitu terdapat solusi dan nilai kepastian yang dapat dilakukan setelah mendiagnosa hama dan penyakit tanaman tomat dimana keluaran yang dihasilkan berupa presentase keyakinan penyakit yang terdiagnosa melalui gejala gejala yang telah diinputkan oleh pengguna serta akan didapat solusi bagaiman cara menanngani penyakit tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17587

Actions (login required)

View Item View Item