Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran kooperatif berbasis asesmen sejawat / Muhammad Awwalul Ikhtiar

Ikhtiar, Muhammad Awwalul (2019) Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran kooperatif berbasis asesmen sejawat / Muhammad Awwalul Ikhtiar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ikhtiar, Muhammad Awwalul. 2019. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Berbasis Asesmen Sejawat. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hendro Permadi, Ir, M.Si . Kata Kunci: Komunikasi Matematis Siswa, Pembelajaran Kooperatif Berbasis Asesmen Sejawat. Kemampuan komunikasi sangat dibutuhkan dalam segala bidang, karena kemampuan komunikasi sebagai orientasi pembelajaran pada abad ke dua puluh satu ini. Aktivitas komunikasi dapat terlaksana melalui bahasa dan salah satu bentuk bahasa dalam dunia pendidikan yaitu matematika. Komunikasi matematis yang dimaksud adalah kemampuan peserta didik untuk menyatakan dan menafsirkan gagasan-gagasan matematika secara lisan maupun tertulis, baik dalam bentuk gambar, tabel, diagram, rumus, ataupun demonstrasi. Selain itu diketahui juga bahwa pembelajaran kooperatif berbasis asesmen sejawat yang dikembangkan oleh Permadi(2017)dalam proses pembelajarannya pada fase 3 dan fase 4 dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, karena siswa dituntut untuk dapat memberikan gagasan atau ide dari hasil jawabannya (meningkatkan kemampuan menyatakan gagasan-gagasan matematis) dan memberikan penilaian terhadap gagasan atau ide dari teman sejawatnya dalam satu kelompok (meningkatkan kemampuan menafsirkan gagasan-gagasan matematis). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanperkembangan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam model pembelajaran kooperatif berbasis asesmen sejawat. Dimana peneliti memilih 6 orang siswa yang dikelompokkan menjadi 3 kategori kemampuan matematis, yaitu kemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah. Pendeskripsian hasil pekerjaan siswa berdasarkan pada indikator kemampuan komunikasi yaitu (1) Kemampuanmenggunakanbahasamatematika (notasi, istilah, dan lambang) untukmenyatakaninformasimatematika yang sesuai data (mampu menyatakan gagasan-gagasan matematis), (2) Menyatakan ide matematikadenganlogis dan teraturuntukmenyelesaikanpermasalahandenganbenar (mampu menyatakan gagasan-gagasan matematis), (3) Menganalisis dan mengevaluasisuatu ide matematis (mampu menafsirkan gagasan-gagasan matematis). Penelitian ini termasuk penelitian campuran yaitu penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Taruna Nala JATIM, tepatnya pada kelas X IPA 2. Subjek dipilih berdasarkan hasil tes klasikal dan hasil tes ulangan harian siswa pada materi sebelumnya. ii Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pembelajaran kooperatif berbasis asesmen sejawat setiap siswa dengan berbagai kategori kemampuan matematis mengalami pertumbuhan kemampuan komunikasi matematisnya secara signifikan. Peningkatan yang signifikan ini didukung oleh uji-t berpasangan dan peningkatan pada setiap nilai indikator kemampuan komunikasi matematis masing-masing siswa. Perkembangan kemampuan komunikasi matematis siswa antara lain dikarenakan terjadinya proses diskusi kelompok dimana setiap siswa berinteraksi, menyampaikan pendapat dan komentar terbaiknya karena merasa dinilai oleh teman sebaya, adanya proses menilai teman sebaya pada penilaian asesmen sejawat, dan komentar dari teman yang bisa dijadikan bahan refleksi terhadap pekerjaan yang kurang tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17585

Actions (login required)

View Item View Item