Rancang bangun Sistem Informasi Akademik Sekolah (SIAKSES) berbasis web / Rismayanti Pandiangan - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun Sistem Informasi Akademik Sekolah (SIAKSES) berbasis web / Rismayanti Pandiangan

Pandiangan, Rismayanti (2018) Rancang bangun Sistem Informasi Akademik Sekolah (SIAKSES) berbasis web / Rismayanti Pandiangan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Pandiangan Rismayanti. 2018. Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Sekolah (SIAKSES) Berbasis Web. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Susy Kuspambudi Andaini M.Kom. Kata Kunci SIAKSES akademik nilai web Sistem informasi akademik adalah sistem yang saling berkaitan atau berinteraksi dalam pengumpulan data memproses data dan merekam hingga menghasilkan informasi yang berhubungan dengan pendidikan umum yang berfungsi untuk mendukung kegiatan operasional sekolah. Sekolah Menengah Pertama Katolik (SMPK) Kolese Santo Yusup 2 Malang seharusnya mempunyai sistem informasi yang merupakan salah satu alat bantu yang digunakan dalam upaya perkembangan dan hasil kerja suatu lembaga khususnya dalam bidang pendidikan. Beberapa alasan yang mendasari pentingnya sistem informasi akademik adalah karena masih menggunakan sistem konvensional dalam mengolah data penyampaian hasil akademik kepada pihak wali murid masih menggunakan email yang dirasa kurang efisien. Metode yang digunakan dalam perancangan SIAKSES yaitu menggunakan metode waterfall. Metode tersebut dibagi kedalam lima tahapan pengembangan (1) Requirements Definition (2) System and Software Design (3) Implementation and Unit Testing (4) Integration and System Testing (5) Operation and Maintance. Pada lima tahapan perancangan dalam metode waterfall tersebut kemudian dikembangkan menjadi langkah-langkah dalam melakukan perancangan SIAKSES berbasis web. Hasil dari SIAKSES ini adalah sistem informasi akademik sekolah yang dapat diakses oleh admin guru siswa ataupun wali murid. Admin bertugas mengupdate data-data yang dibutuhkan guru ataupun wali kelas wajib mengisikan nilai siswanya sedangkan siswa ataupun wali murid hanya dapat melihat dan mencetak hasil rapor yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SIAKSES ini mampu mengolah data akademik secara umum seperti data guru siswa wali kelas kelas dan nilai siswa. Berdasarkan penilaian dari pengguna tingkat kelayakan sistem informasi adalah sangat layak dengan presentase kelayakan sebesar 89 8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa SIAKSES memiliki kualitas baik dan sangat layak untuk proses pengolahan data akademik dan nilai siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17573

Actions (login required)

View Item View Item