Algoritma Ant Colony Optimization (ACO) pada Vehicle Routing Problem Delivery and Pickup with Time Windows (VRPDPTW) / Mudzrik Fauziyah

Fauziyah, Mudzrik (2018) Algoritma Ant Colony Optimization (ACO) pada Vehicle Routing Problem Delivery and Pickup with Time Windows (VRPDPTW) / Mudzrik Fauziyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Fauziyah, Mudzrik. 2018. Algoritma Ant Colony Optimization (ACO) pada Vehicle Routing Problem Delivery and Pickup with Time Windows (VRPDPTW), Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sapti Wahyuningsih, M.Si. Kata Kunci : distribusi, graph, Vehicle Routing Problem Delivery and Pickup with Time Windows (VRPDPTW), Ant Colony Optimization (ACO), local search. Distribusi merupakan suatu proses pengiriman barang dari suatu depot ke konsumen (customer) yang berkaitan dengan pemilihan rute dimana rute yang digunakan memiliki jarak dan waktu tempuh minimum. Salah satu permasalahan rute yang harus ditempuh oleh kendaraan distribusi dalam teori graph dikenal dengan Vehicle Routing Problem (VRP) .Beberapa jenis permasalahan utama pada VRP yang akan dibahas yaitu Vehicle Routing Problem Delivery and Pickup with Time Windows (VRPDPTW), vehicle routing problem with simultaneous delivery and pickup (VRPSDP) periodic vehicle routing problem, dan vehicle routing problem with time windows (VRPTW). Pencarian rute pada varian yang memiliki kendala permintaan pengiriman dan permintaan pengambilan dengan waktu dan jarak tempuh minimum pada VRPDPTW,VRPSDP dan VRPTW menggunakan algoritma Ant Colony Optimization (ACO) . Langkah pertama dalam algoritma ACO adalah membentuk solusi awal menggunakan algoritma Insertion Heuristic. Langkah kedua adalah tahap perbaikan pheromone updating menggunakan dua langkah yaitu local updating dan global updating yang dilakukan secara berurutan kemudian dilakukan tahap optimalisasi dengan menggunakan local search swap(1,1) Langkah tersebut dilakukan sampai tidak diperoleh solusi yang lebih baik lagi. Secara umum solusi yang dihasilkan dalam varian VRPDPTW menggunakan ACO menghasilkan rute yang optimal, secara terapannya kasus yang digunakan untuk VRPDPTW adalah kasus yang didalamnya terdapat permintaan pengantaran dimana permintaan tersebut diambil terlebih dahulu di pelanggan jemput yang kemudian diantar ke pelanggan antar dengan adanya batasan waktu pada setiap pelanggan dan depot, untuk batasan waktu antara depot dan pelanggan juga berbeda sehingga akan rute dengan jarak minimum dan juga rute dengan waktu tempuh yang minimum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17563

Actions (login required)

View Item View Item