Algoritma Water Wave Optimization (WWO) pada Travelling Salesman Problem dan Implementasi Program / Novinda Cahya Diyanti

Diyanti, Novinda Cahya (2018) Algoritma Water Wave Optimization (WWO) pada Travelling Salesman Problem dan Implementasi Program / Novinda Cahya Diyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Diyanti, Novinda C. 2018. Algoritma Water Wave Optimization (WWO) pada Travelling Salesman Problem dan Implementasi Program. Skripsi, Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Lucky Tri Oktoviana, S.Si, M.Kom. Kata Kunci: Optimasi, Travelling Salesman Problem, Water Wave Optimization. PT Fastra Buana Yogyakarta masih sering mengalami kendala dalam proses pendistribusian produk yaitu rute pengiriman yang masih belum menentu sehingga tidak jarang justru mengakibatkan total jarak tempuh yang semakin panjang dan keterlambatan pengiriman. Permasalahan semacam ini dapat dikategorikan sebagai Travelling Salesman Problem (TSP) dimana TSP adalah permasalahan pencarian sikel hamilton dengan bobot minimum. Pada makalah ini, akan diterapkan algoritma Water Wave Optimization (WWO) untuk mendapatkan suatu sikel hamilton dengan bobot minimum. Algoritma WWO adalah algoritma optimasi yang berdasarkan pada teori gelombang air dangkal yang terdiri dari tiga proses yaitu propagasi, refraksi, dan breaking. Pada algoritma ini, rute dianalogikan sebagai gelombang, ruang solusi dianalogikan sebagai wilayah dasar laut, dan nilai fitness dari titik pada ruang tersebut diukur dari kedalaman dasar laut nya. Hasil akhir yang diperoleh berupa rute distribusi yang dimulai dari gudang PT Fastra Buana menuju sejumlah agen di wilayah Kota Yogyakarta lalu kembali ke gudang PT Fastra Buana dengan total jarak tempuh minimum. Hasil ini juga di dukung dengan pembuatan program aplikasi untuk penerapan algoritma WWO pada TSP, hasil akhir program aplikasi berupa rute distribusi yang dimulai dari gudang PT Fastra Buana menuju sejumlah agen di wilayah Kota Yogyakarta lalu kembali ke gudang PT Fastra Buana dengan total jarak tempuh minimum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17560

Actions (login required)

View Item View Item