Penentuan pemberian hadiah bagi nasabah deposito di BRI Unit Gondanglegi dengan menerapkan logika fuzzy metode Mamdani dan Sugeno / Irahatul Huzniyah

Huzniyah, Irahatul (2018) Penentuan pemberian hadiah bagi nasabah deposito di BRI Unit Gondanglegi dengan menerapkan logika fuzzy metode Mamdani dan Sugeno / Irahatul Huzniyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii ABSTRAK Huzniyah, Irahatul. 2018. Penentuan Pemberian Hadiah Bagi Nasabah Deposito Di BRI Unit Gondanglegi Dengan Menerapkan Logika Fuzzy Metode Mamdani Dan Sugeno. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Darmawan Satyananda, S.T, M.T. Kata Kunci : Fuzzy, Mamdani, Sugeno, Delphi Deposito merupakan simpanan dengan bunga tertentu yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu. Untuk menarik minat nasabah agar mendepositokan uangnya, BRI Unit Gondanglegi pada periode tertentu memberikan sebuah reward atau hadiah kepada nasabah. Dalam memberikan reward atau hadiah, BRI Unit Gondanglegi masih melakukannya secara acak dan kadang tidak sesuai sasaran yaitu nilai hadiah yang terlalu kecil. Logika Fuzzy adalah suatu cara pemetaan masalah dari suatu ruang input ke dalam suatu ruang output dan menggunakan dasar teori himpunan. Sistem inferensi fuzzy (sistem fuzzy) merupakan suatu kerangka yang didasarkan pada teori himpunan fuzzy, aturan fuzzy berbentuk If-Then, dan penalaran fuzzy. Dalam membangun sebuah sistem fuzzy dikenal beberapa metode penalaran, antara lain metode Tsukamoto, metode Mamdani, dan metode Sugeno. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode Mamdani dan Sugeno dalam penentuan pemberian hadiah kepada nasabah dan mengimplementasikan metode yang lebih baik ke dalam program komputer. Karakteristik untuk penentuan pemberian hadiah adalah Jumlah Deposito, Status Deposito, dan Lama Deposito. Rancangan penelitian ini diawali dengan tahap analisis permasalahan dimana metode Mamdani dan Sugeno diterapkan. Pada tahap ini dilakukan pengkajian kinerja antara metode Mamdani dan Sugeno. Dari kajian Mamdani, ada 4 dari 13 data yang hasil perhitungannya tidak tepat sedangkan semua perhitungan Sugeno memberikan hasil yang lebih tepat sehingga metode Sugeno-lah yang akan diimplementasikan dalam program. Pembuatan program dimulai dengan mendesain tampilan program lalu membuat DFD, ERD, Tabel, dan flowchart yang dilanjutkan dengan pengodean, yaitu mentransformasikan perhitungan manual Sugeno ke dalam Delphi kemudian dilakukan pengujian program. Hasil perhitungan yang diperoleh menggunakan program sesuai dengan perhitungan manual yang telah dilakukan pada tahap sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17559

Actions (login required)

View Item View Item