Sistem pakar diagnosis penyebab keluhan kesehatan di Sistem perkemihan berbasis web / Gita Ilma Nurdiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Sistem pakar diagnosis penyebab keluhan kesehatan di Sistem perkemihan berbasis web / Gita Ilma Nurdiana

Nurdiana, Gita Ilma (2018) Sistem pakar diagnosis penyebab keluhan kesehatan di Sistem perkemihan berbasis web / Gita Ilma Nurdiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurdiana Gita Ilma. 2018. SistemPakarDiagnosisPenyebabKeluhanKesehatan di SistemPerkemihanBerbasis Web.Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing MahmuddinYunus S.Kom M.Cs. Kata Kunci sistempakar sistemperkemihan pohonkeputusan forward chaining. Sistem perkemihanterdiriatasginjal ureter kandungkemih dan uretra. Pada sistemperkemihanterjadi proses pembuanganzat-zat yang tidakdigunakan oleh tubuh penyaringandarah mengatur volume darah and tekanandarah mengaturkadarelketrolit dan metabolit dan mengatur pH darah.Pada masyarakat gangguan yang sering kali timbul pada sistemperkemihan sering terjadi karena ada berbagai faktor penyebab. Gangguan kesehatan di sistem perkemihan pada manusia terkadang tampak ringan seperti tidak ada gangguan.Pengetahuan masyarakat yang sedikit akan gejala-gejala awal dari suatu gangguan kesehatan merupakan salah satu faktor penyebab penyakit menjadi parah.Oleh karenaitu perlu adanya suatu sistem untuk mendiagnosa penyebabkeluhankesehatan di sistem perkemihan beserta saran dan solusi yang diperlukan sesuai medis.Untukmengatasimasalahtersebutdiberikansolusidengandibangunnyasistempakardiagnosispenyebabkeluhan di sistemperkemihan. Pada proses penarikankesimpulannyadigunakanpohonkeputusan (decision tree) dan inferensiforward chaininguntukmenelusuripohontersebut. Forward chaining adalah data-driven karena inferensi dimulai dengan informasi yang tersedia baru konklusidapat diperoleh.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem pakar ini mempermudah pengguna untuk melakukandiagnosispenyebabkeluhankesehatan disistemperkemihan berdasarkan gejala yang dialami dan mengetahui cara penanggulangannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17552

Actions (login required)

View Item View Item