Sistem pendukung Keputusan Pemilihan Konsentrasi di Program Studi Matematika Universitas Negeri Malang Dengan Metode Smart / Zainal Abidin

Abidin, Zainal (2018) Sistem pendukung Keputusan Pemilihan Konsentrasi di Program Studi Matematika Universitas Negeri Malang Dengan Metode Smart / Zainal Abidin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Abidin, Zainal. 2017. Sistem pendukung Keputusan Pemilihan Konsentrasi di Program Studi Matematika Universitas Negeri Malang Dengan Metode Smart. Skripsi, Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dra. Mimiep Setyowati Madja, M.Kom. Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan (SPK), SMART, PHP, Web. Di program studi matematika Universitas Negeri Malang setiap semester 5 diadakan pemilihan konsentrasi. Dalam pemilihannya pihak pengurus penempatan konsentrasi biasanya memberi angket kepada mahasiswa dan di dalam angket tersebut mahasiswa mengisi nilai-nilai matakuliah prasyarat dari setiap konsentrasi dan minat konsentrasi yang akan dipilih. Pada proses penempatan konsentrasi tersebut terdapat keputusan -keputusan yang harus diambil untuk menyeleksi setiap mahasiswa. Di dalam penyeleksian terdapat kriteria-kriteria yang digunakan penyeleksian, untuk itu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) berbasis web akan mempermudah digunakan dalam pemilihan konsentrasi. Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) merupakan metode yang sering digunakan dalam SPK. Kelebihan dari SMART adalah jika melakukan penambahan / pengurangan pada alternatif tidak akan mempengaruhi perhitungan pembobotan karena setiap penilaian alternatif tidak saling bergantung,perhitungan pada metode SMART lebih sederhana sehingga tidak diperlukan perhitungan matematis yang rumit dengan pemahaman matematika yang kuat. Dengan menggunakan metode SMART diharapkan dapat menjadi solusi alternatif bagi pihak pengurus pemilihan konsentrasi secara professional sesuai kriteria yang telah ditetapkan dari program studi matematika Universitas Negeri Malang. Proses pembuatan program SPK menggunakan aplikasi notepad++ dengan bahasa pemrograman PHP. Tahap-tahap perancangan program adalah dengan menganalisa sistem yang sedang berjalan kemudian mengembangkan dengan merancang sistem baru atau sistem yang akan dibuat. Produk yang dihasilkan berupa program sistem pendukung keputusan berbasis web. Output dari sistem program tersebut menunjukkan bahwa nilai akhir dari perhitungan metode SMART jika nilainya 85 ÔÇô 100 dinyatakan sangat layak, 55 ÔÇô 79 dinyatakan layak, 35 ÔÇô 54 dinyatakan dipertimbangkan, dan 0 ÔÇô 34 dinyatakan tidak layak. Berdasarkan hasil tersebut, diketahui bahwa program aplikasi sistem pendukung keputusan pemilihan konsentrasi di program studi matematika Universitas Negeri Malang dengan metode SMART dapat diterapkan untuk penempatan konsentrasi kepada mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17548

Actions (login required)

View Item View Item