Perbandingan metode Mamdani dan Sugeno dalam penentuan kelayakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Unit Gondanglegi / Nur Aini

Aini, Nur (2018) Perbandingan metode Mamdani dan Sugeno dalam penentuan kelayakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Unit Gondanglegi / Nur Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii ABSTRAK Aini, Nur. 2018. Perbandingan Metode Mamdani dan Sugeno dalam Penentuan Kelayakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Gondanglegi. Skripsi, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dra. Mimiep Setyowati Madja, M.Kom. Kata Kunci : Kredit, MATLAB, Mamdani, Sugeno KUR adalah kredit yang bersifat umum, individual, selektif yang berbunga wajar bertujuan untuk mengembangkan atau meningkatkan usaha mikro yang layak, yang dilayani oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) unit dan diberikan dalam mata uang rupiah. Analisis kredit harus dilakukan dengan berpedoman pada prinsip dasar analisis kredit yaitu prinsip 5C. Prinsip 5C tersebut terdiri dari Character, Capacity, Capital, Collateral, dan Condition of Economy. Bank Rakyat Indonesia (BRI) unit menentukan kelayakan kredit masih menggunakan cara manual. Maka dari itu tujuan dari penulisan skripsi ini adalah mempermudah mantri dalam menentukan kelayakan kredit pada calon nasabah dengan dirancangnya program aplikasi penentuan kelayakan KUR menggunakan MATLAB dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan oleh pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI) unit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode logika fuzzy. Logika fuzzy memberikan cara sederhana untuk menentukan suatu kesimpulan dari informasi yang tidak jelas, ambigu (bermakna ganda) dan tidak tepat. Metode logika fuzzy yang digunakan adalah metode Mamdani dan Sugeno. Metode ini dipilih karena sifatnya yang sederhana, fleksibel, memiliki toleransi pada data yang ada, diterima banyak pihak, lebih cocok untuk masukan yang diterima dari manusia bukan oleh mesin. vii Perhitungan penentuan kelayakan KUR menggunakan metode Mamdani menghasilkan tingkat akurasi sebesar 93,3% , sedangkan Perhitungan penentuan kelayakan KUR menggunakan metode Mamdani menghasilkan tingkat akurasi sebesar 86,7%. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil perhitungan menggunakan metode Mamdani lebih mendekati nilai data asli dibandingkan dengan metode Sugeno.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17546

Actions (login required)

View Item View Item