Wulansari, Novianti (2018) Metode Adaptative Neuro-Fuzzy Inference System (Anfis) untuk penentuan nilai kenerja (performance) akademik siswa kelas X SMA/MA pada mata pelajaran Matematika / Novianti Wulansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
vi ABSTRAK Wulansari Novianti. 2018. Metode Adaptive Neuro-Fuzzy Inference System (ANFIS) Untuk Penentuan Nilai Kinerja (Performace) Akademik Siswa Kelas X SMA/MA Pada Mata Pelajaran Matematika.Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang.Pembimbing Darmawan Satyananda S.T M.T. Kata kunci ANFIS Penentuan Nilai Kinerja Akademik Siswa. Di beberapa sekolah penilaian performansi akademik siswa masih asing didengar oleh tenaga pendidik sebenarnya performansi akademik ini merupakan bagian dari penilaian autentik siswa. Asesmen performansi siswa selama ini ditentukan secara manual dengan cara mengamati secara langsung kinerja siswa walaupun sebenarnya asesmen performansi siswa ini dapat dihitung secara cepat dan akurat dengan menggunakan beberapa metode. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode ANFIS (Adaptive Neuro-Fuzzy Inference System). Metode ANFIS merupakan salah satu metode yang cepat dalam metode fuzzy dengan tingkat akurasi tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat program penentuan nilai kinerja akademik siswa kelas X SMA/MA pada mata pelajaran matematika bab trigonometri dengan menggunakan metode ANFIS dengan tingkat rata-rata error seminimal mungkin serta mengetahui cara penentuan nilai performansi siswa dengan metode ANFIS. Rancangan dalam penelitian ini diawali dengan proses clustering data dengan menggunakan algoritma FCM kemudian akan dihitung tiap-tiap neuron pada setiap lapisan. Beberapa parameter yang tidak diketahui akan dihitung menggunakan LSE rekursif. Jaringan ANFIS yang sudah lengkap akan dilatih dengan algoritma hybrid dengan maksimum epoh 400 toleransi error dan laju pembelajaran 0.4. Hasil menunjukkan perhitungan nilai performansi siswa dengan menggunakan metode ANFIS ini tergolong menghasilkan nilai yang akurat karena error rata-rata yang dihasilkan sebesar 0.09 dalam skala (0-100). vii
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17545 |
Actions (login required)
View Item |