Analisis keterampilan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan gaya kognitif di kelas VII MTs Negeri Probolinggo / David Laura Andilala - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis keterampilan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan gaya kognitif di kelas VII MTs Negeri Probolinggo / David Laura Andilala

Andilala, David Laura (2018) Analisis keterampilan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan gaya kognitif di kelas VII MTs Negeri Probolinggo / David Laura Andilala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Andilala David Laura. 2018. Analisis Keterampilan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Di Kelas VII MTs Negeri Probolinggo. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof.Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A Kata Kunci pemecahan masalah gaya kognitif gaya kognitif field independent gaya kognitif field dependent. Pemecahan masalah merupakan kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki setiap siswa. Setiap siswa memiliki keterampilan pemecahan masalah yang berbeda. Gaya kognitif adalah cara khas seseorang dalam melakukan aktifitas mental yang meliputi berpikir mengingat memecahkan masalah membuat keputusan mengorganisasi dan memproses informasi yang bersifat konsisten. Ditinjau dari gaya kognitif maka secara umum siswa terbagi atas siswa bergaya kognitif field independent dan siswa bergaya kognitif field dependent. Penelitian ini bertujuan menganalisis keterampilan pemecahan masalah siswa berdasarkan gaya kognitif di kelas VII MTs Negeri Probolinggo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama dan instrumen pendukung yaitu tes Group Embedded Figure Test (GEFT) tes pemecahan masalah dan validasi lembar pemecahan masalah. Subjek dalam penelitian ini satu orang siswa kelas VII MTs Negeri Probolinggo yang bergaya kognitif field independent dan satu siswa orang kelas VII MTs Negeri Probolinggo yang bergaya kognitif field dependent. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis diketahui bahwa dalam memahami masalah siswa dengan gaya kognitif field independent dapat mengidentifikasi masalah yang diberikan terampil dalam menentukan apa-apa yang diketahui dan apa-apa yang ditanyakan pada lembar pemecahan masalah terampil dalam menjelaskan informasi yang diperoleh secara rinci lengkap yang dikemas dalam bentuk poin-poin dengan menggunakan bahasanya sendiri serta dapat menunjukkan kecukupan syarat yang dibutuhkan dalam memecahkan permasalahan. Dalam merencanakan penyelesaian masalah siswa dengan gaya kognitif field independent menyadari bahwa terdapat hubungan antara apa yang diketahui dengan apa yang ditanyakan pada soal serta peka untuk memunculkan syarat lain yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah. Dalam melaksanaan penyelesaian masalah siswa dengan gaya kognitif field independent menggunakan langkah-langkah dengan benar sesuai dengan apa yang telah direncanakan pada tahap sebelumnya. Dalam memeriksa kembali solusi yang telah diperoleh siswa dengan gaya kognitif field independent terampil dalam menggunakan kembali informasi yang diperoleh sebelumnya serta memunculkan cara yang berbeda dari cara yang sebelumnya telah ia gunakan untuk memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17537

Actions (login required)

View Item View Item