Pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan saintifik untuk membangun kemampuan berpikir kritis peserta didik materi matriks / Dhita Ayu Affiah

Affiah, Dhita Ayu (2018) Pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan saintifik untuk membangun kemampuan berpikir kritis peserta didik materi matriks / Dhita Ayu Affiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Affiah, Dhita Ayu. 2017. Pengembangan Bahan Ajar berbasis Pendekatan Saintifik untuk Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Matriks. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Makbul Muksar, S.Pd, M.Si. Kata Kunci: Bahan Ajar, Lembar Kegiatan Peserta Didik, Pendekatan Saintifik, Berpikir Kritis. Berdasarkan fakta di lapangan, diperoleh informasi bahwa buku paket yang digunakan guru dan peserta didik SMAN 2 Batu belum dapat membantu peserta didik untuk memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik. Dengan kata lain, kurikulum 2013 yang menghendaki pembelajaran berbasis pendekatan saintifik belum dapat diimplementasikan dengan baik. Oleh karena itu, penulis bermaksud mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik untuk membangun kemampuan berpikir kritis peserta didik materi matriks yang valid, praktis, dan efektif, dilengkapi dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp, dengan tiga tahap pengembangan, yaitu (1) tahap awal (mengumpulkan dan menganalisis informasi, mendefinisikan dan membatasi masalah), (2) tahap prototipe (perancangan dan realisasi/konstruksi produk), dan (3) tahap penilaian (validasi dan uji coba). Tahap penilaian dilakukan dengan uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh satu validator ahli, yaitu dosen matematika dan satu validator praktisi, yaitu guru matematika di sekolah. Sedangkan uji kepraktisan dilakukan melalui angket peserta didik dan wawancara guru model. Uji keefektifan dilakukan dengan melihat hasil kerja 34 subjek uji coba pada LKPD yang sudah divalidasi. Berdasarkan analasis data diperoleh hasil sebagai berikut, (1) skor kevalidan LKPD yaitu 3,47 dengan kriteria valid, (2) skor kepraktisan pada hasil angket peserta didik yaitu 3,43 dengan kriteria praktis dan komentar/saran peserta didik pada angket serta hasil wawancara dengan guru model mendapatkan respon positif, dan (3) persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada LKPD adalah 88,23%, persentase ketercapaian indikator kompetensi dasar adalah 88,94%, serta persentase ketercapaian indikator berpikir kritis peserta didik pada indikator interpretasi, analisis, inferensi, eksplanasi, evaluasi dan regulasi diri adalah 86,45%. Seluruh persentase ketercapaian ketuntasan hasil belajar, ketercapaian indikator KD dan vi indikator berpikir kritis lebih dari 75%, dengan kata lain, bahan ajar yang dikembangkan dikatakan efektif. Dengan demikian, bahan ajar berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik untuk membangun kemampuan berpikir kritis peserta didik dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17536

Actions (login required)

View Item View Item