Penerapan Metode Regresi Logistik Multinomial untuk Mengetahui Faktor-faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas di Kabupaten Malang Tahun 2017 / Acika Karunila

Karunila, Acika (2018) Penerapan Metode Regresi Logistik Multinomial untuk Mengetahui Faktor-faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas di Kabupaten Malang Tahun 2017 / Acika Karunila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Karunila, Acika. 2018. Penerapan Metode Regresi Logistik Multinomial untuk Mengetahui Faktor-faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas di Kabupaten Malang Tahun 2017. Skripsi. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Nur Atikah, S.Si, M.Si. Kata Kunci : kecelakaan lalu lintas, model log linear, regresi logistik multinomial Kecelakaan lalu lintas berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia didefinisikan sebagai suatu peristiwa di jalan raya yang tidak terduga dan tidak disengaja, melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban manusia dan atau kerugian harta benda. Tren angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas tahun 2017 di Kabupaten Malang mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2016. Pada tahun 2016 terjadi pelanggaran sebanyak 31.486 kasus dan menjadi 39.945 selama tahun 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat keparahan korban kecelakaan dan mengetahui besar peluang risiko kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Malang tahun 2017 dengan metode regresi logistik multinomial. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah tingkat keparahan korban sebagai variabel respon dan jenis kelamin, usia, pekerjaan, jenis kendaraan, jenis tabrakan, serta waktu sebagai variabel prediktor. Berdasarkan hasil analisis, faktor-faktor yang mempengaruhi kecelakaan di Kabupaten Malang adalah usia, pekerjaan, jenis kendaraan, jenis tabrakan, dan waktu. Korban yang rentan meninggal dunia adalah dengan kategori usia lanjut, jenis pekerjaan sebagai PNS, jenis kendaraan mobil, jenis tabrakan depan-belakang, dan waktu kejadian pukul 06.00-12.00. Korban yang rentan mengalami luka berat adalah dengan kategori usia dewasa, pekerjaan sebagai PNS, jenis kendaraan bus/kendaraan khusus, jenis tabrakan lain-lain dan waktu kejadian pada pukul 06.00-12.00. Korban yang rentan mengalami luka ringan adalah dengan kategori usia anak-anak dan remaja, kategori pekerjaan swasta, jenis kendaraan motor, jenis tabrakan depan-samping, dan waktu kejadian pukul 12.00-18.00.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17535

Actions (login required)

View Item View Item