Pemodelan regresi semiparametrik truncated spline pada angka kematian bayi di Jawa Timur / Vita Dewi Islami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemodelan regresi semiparametrik truncated spline pada angka kematian bayi di Jawa Timur / Vita Dewi Islami

Islami, Vita Dewi (2018) Pemodelan regresi semiparametrik truncated spline pada angka kematian bayi di Jawa Timur / Vita Dewi Islami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Islami Vita Dewi. 2017. Pemodelan Regresi Semiparametrik Truncated Spline pada Angka Kematian Bayi di Jawa Timur. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Trianingsih Eni Lestari S.Si M.Si. Kata Kunci regresi semiparametrik truncated spline Angka Kematian Bayi Analisis regresi merupakan salah satu analisis statistika yang mempelajari pola hubungan antara variabel respon dengan variabel prediktor. Banyak kasus terdapat dalam analisis regresi dimana pola hubungan antara variabel respon dengan salah satu variabel prediktor diketahui tetapi dengan variabel prediktor yang lain tidak diketahui bentuk pola hubungannya. Penggabungan antara komponen parametrik dan komponen nonparametrik disebut regresi semiparametrik. Dalam kasus seperti ini pendekatan yang dapat digunakan adalah pendekatan regresi semiparametrik truncated spline. Metode ini dapat diterapkan dalam menentukan model terbaik kasus persentase Angka Kematian Bayi (AKB) tahun 2013 di Jawa Timur dengan faktor yang mempengaruhi antara lain persentase persalinan oleh tenaga non medis ( persentase wanita yang menikah dibawah usia 17 tahun dan persentase pengeluaran perkapita penduduk yang kurang dari Rp. 300.000 00 . Model terbaik diperoleh berdasarkan nilai GCV minimum dan koefisien determinasi terbesar. Pada kasus AKB di Jawa Timur tahun 2013 didapatkan model terbaik dengan derajat polinomial linier 3 knot dimana nilai GCV minimum sebesar 21 98068 dan sebesar 82 4%. Adapun model regresi semiparametrik truncated spline memiliki persamaan 770 . Berdasarkan model tersebut terdapat dua faktor yang berpengaruh signifikan terhadap AKB di Provinsi Jawa Timur yaitu persentase persalinan oleh tenaga non medis dan persentase wanita yang menikah dibawah usia 17 tahun .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17523

Actions (login required)

View Item View Item