Penerapan logika fuzzy untuk menentukan tingkat kepuasan wisatawan di pariwisata Coban Talun, Batu / Laily Wahyu Andari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan logika fuzzy untuk menentukan tingkat kepuasan wisatawan di pariwisata Coban Talun, Batu / Laily Wahyu Andari

Andari, Laily Wahyu (2018) Penerapan logika fuzzy untuk menentukan tingkat kepuasan wisatawan di pariwisata Coban Talun, Batu / Laily Wahyu Andari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andari Laily Wahyu. 2017. Penerapan Logika Fuzzy untuk Menentukan Tingkat Kepuasan Wisatawan di Pariwisata Coban Talun Batu. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Mohamad Yasin S. Kom M. Kom. Kata Kunci Logika Fuzzy Metode Tsukamoto Wisatawan Wisatawan merupakan orang yang melakukan perjalanan wisata. Seorang wisatawan menentukan tempat wisata yang akan dikunjungi dengan mengevaluasi kepuasan perjalanan wisata. Faktor penentu kepuasan wisatawan diantaranya adalah 1) pengalaman sebelumnya 2) motivasi 3) pengetahuan terhadap destinasi yang dikunjungi 4) lama tinggal di daerah tujuan wisata 5) biaya yang dikenakan 6) kualitas layanan 7) lingkungan fisik dan sosial 8) perilaku masyarakat lokal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode logika fuzzy. Logika fuzzy memberikan cara sederhana untuk menentukan suatu kesimpulan dari informasi yang tidak jelas ambigu (bermakna ganda) dan tidak tepat. Metode logika fuzzy yang digunakan adalah metode Tsukamoto. Metode ini dipilih karena sifatnya yang sederhana fleksibel dan memiliki toleransi pada data yang ada. Tahap metode Tsukamoto adalah 1) fuzzyfikasi 2) pembentukan basis pengetahuan fuzzy 3) mesin inferensi 4) defuzzyfikasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan perbandingan operasi min max dan rata-rata pada output hasil inferensi dari setiap 65533 -predikat dilakukan dengan uji analisis diskriminan. Diperoleh hasil perbandingan dengan operasi min 74% max 78% dan rata-rata 94%. Karena prosentase operasi rata-rata paling besar sehingga operasi rata-rata dapat digunakan untuk menentukan tingkat kepuasan wisatawan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17522

Actions (login required)

View Item View Item