Penerapan model Exponential General Autoregressive Conditional Heteroscedastic (EGARCH) pada hasil penjualan es krim Walls PT. Lukindari Permata Kepanjen Malang / Evrilia Linda Putranti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Exponential General Autoregressive Conditional Heteroscedastic (EGARCH) pada hasil penjualan es krim Walls PT. Lukindari Permata Kepanjen Malang / Evrilia Linda Putranti

Putranti, Evrilia Linda (2017) Penerapan model Exponential General Autoregressive Conditional Heteroscedastic (EGARCH) pada hasil penjualan es krim Walls PT. Lukindari Permata Kepanjen Malang / Evrilia Linda Putranti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putranti Evrilia Linda. 2017. Penerapan Model Exponential General Autoregressive Conditional Heteroscedastic (EGARCH) pada Hasil Penjualan Es Krim Walls PT. Lukindari Permata Kepanjen Malang. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. Swasono Rahardjo M.Si. Kata Kunci Time Series Heteroskedastisitas Asimetris ARCH EGARCH Es krim merupakan salah satu makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Karena peminat es krim yang begitu banyak maka setiap perusahan bersaing dalam melayani peminat es krim. Dalam mengatasi persaingan antar perusahaan diharuskan mampu memprediksi penjualan tiap periode waktu tertentu dengan harapan perusahaan dapat meminimalkan kerugian akibat stok yang berlebihan dan kekurangan stok es krim pada gudang. Diasumsikan data hasil penjualan es krim adalah data time series. Dalam hal ini model yang digunakan untuk memodelkan dan meramalkan hasil penjualan es krim adalah model EGARCH yang dikembangkan oleh Nelson (1991). Model ini merupakan pengembangan dari model GARCH. Kelebihan model EGARCH adalah mampu mengatasi varian yang tidak konstan dan mengatasi pengaruh asimetris pada data yang tidak mampu diterapkan pada model GARCH. Pada penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data hasil penjualan es krim Walls Brand G periode minggu ke-1 tahun 2015 sampai minggu ke-52 tahun 2016 sehingga banyak pengamatannya adalah 104. Dari hasil penelitian diperoleh model terbaiknya adalah ARMA (1 1) EGARCH (1 2). Model ini telah memenuhi uji signifikansi parameter dan uji residual. Model ARMA (1 1) EGARCH (1 2) memiliki bentuk persamaan varians log 8289 ( 963 _t 2 ) 1.385042 z_(t-1) 0.416708(z) 0.710293 log 8289 ( 963 _(t-2) 2 ) dan bentuk persamaan rataan Z_t 5042.285 0.899972 Z_(t-1)-0.408505 945 _(t-1) 945 _t. Dari hasil peramalan diperoleh nilai MAPE sebesar 27%. Hal ini berarti bahwa model ARMA (1 1) EGARCH (1 2) memiliki tingkat keakuratan peramalan yang cukup baik sehingga model ARMA (1 1) EGARCH (1 2) adalah model terbaik yang bisa diterapkan untuk meramalkan hasil penjualan es krim Walls Brand G pada periode selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17520

Actions (login required)

View Item View Item