Implementasi logika fuzzy berbasis GUI MATLAB untuk deteksi dini autisme pada anak / Taslis Iqlimazzuhroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi logika fuzzy berbasis GUI MATLAB untuk deteksi dini autisme pada anak / Taslis Iqlimazzuhroh

Iqlimazzuhroh, Taslis (2017) Implementasi logika fuzzy berbasis GUI MATLAB untuk deteksi dini autisme pada anak / Taslis Iqlimazzuhroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Iqlimazzuhroh Taslis. 2017. Implementasi Logika Fuzzy Untuk Deteksi Dini Autisme pada Anak Berbasis GUI Matlab. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hery Susanto M.Si. Kata Kunci Autism Spectrum Disorder Logika Fuzzy GUI Matlab Mamdani Autism Spectrum Disorder sering ditandai dengan keterlambatan dan menyimpangnya perkembangan bahasa gagalnya kemampuan untuk menjalin hubungan sosial serta menunjukkan perilaku kompulsif termasuk stereotip aktifitas motorik yang berulang-ulang. Intervensi dan terapi dapat dilakukan baik anak-anak maupun orang dewasa agar dapat mengurangi gejala serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan. Salah satu permasalahan yang kerap muncul adalah ketika mayoritas orangtua tidak mengetahui karakteristik autisme yang muncul pada masa kanak-kanak. Deteksi dini autisme pada anak sangat dibutuhkan sebagai tindak kewaspadaan terhadap adanya gangguan autisme pada tumbuh kembang anak serta sebagai tindak pencegahan kelainan pada mental anak yang bila tidak segera ditangani akan bersifat permanen atau seumur hidup. Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu aplikasi sistem pakar diagnosa dini Autism Spectrum Disorder (ASD) pada anak dengan menggunakan logika fuzzy. Pengembangannya mengikuti prosedur pengembangan model Plomp (2010) yang melewati tahapan (1) investigasi awal (2) perancangan dan realisasi serta (3) uji coba dan penilaian. Input sistemnya terdiri dari gejala gangguan interaksi sosial gangguan komunikasi bahasa dan gangguan perilaku. Sedangkan output sistemnya adalah Jumlah gejala yang akan menentukan tingkat keautisan seseorang. Proses perhitungan sistem dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi Fuzzy Logic Toolbox pada pemrograman Matlab dengan menggunakan sistem inferensi fuzzy model Mamdani. Berdasarkan hasil uji coba diketahui bahwa rata-rata kepraktisan dari segi ahli pakar adalah 4 37125 yang tergolong kriteria praktis pada tingkatan tinggi. Dan untuk rata-rata kepraktisan segi respon pengguna adalah 4 35. Maka rata-rata total adalah 4 360625 8776 4 36. Sehingga program deteksi dini autisme pada anak sudah cukup baik dari segi ahli pakar dan respon pengguna Untuk hasil perhitungan Matlab jika dibandingkan dengan hasil perhitungan manual menggunakan algoritma fuzzy model Mamdani nilainya hampir mendekati dimana hasil perhitungan manual untuk input [I] 3 [K] 2 dan [P] 4 adalah 12 9662953355 dan untuk perhitungan dengan matlab diperoleh nilai 12 9007. Berdasarkan hasil uji coba produk diperoleh data eror sebanyak 80 dari 960 data jika dibandingkan dengan hasil uji coba manual. Dari hasil perbandingan tersebut diperoleh akurasi kebenaran perhitungan sebesar 91 7% dan kesalahan 8 3%. Sedangkan tingkat ketepatan antara hasil yang diminta oleh peneliti dengan hasil yang diberikan oleh sistem adalah 92 16%. Untuk tingkat keberhasilan sistem dalam memperoleh hasil yang valid adalah sebesar 99 31 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17518

Actions (login required)

View Item View Item