Tiarassanti, Ismi (2017) Pengembangan RPP dan LKS berciri pendekatan saintifik materi peluang untuk siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan / Ismi Tiarassanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Tiarassanti Ismi. 2017. Pengembangan RPP dan LKS Berciri Pendekatan Saintifik Materi Peluang Untuk Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Subanji M.Si. Kata Kunci rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) lembar kegiatan siswa (LKS) pendekatan saintifik peluang. Salah satu tujuan dari pembelajaran matematika adalah siswa memahami konsep matematika maupun menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma secara luwes akurat efisien dan tepat dalam pemecahan masalah. Faktanya kegiatan pembelajaran saat ini hanya bertujuan pada pencapaian materi dan lebih mementingkan hafal konsep semata daripada pemahaman. Hal inilah yang menyebabkan pencapaian tujuan pembelajaran matematika di atas sulit diwujudkan. Demi memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia pemerintah melakukan perbaikan dalam hal kurikulum. Kurikulum yang diterapkan saat ini adalah kurikulum 2013 yang menekankan pada pendekatan saintifik dalam pendekatan pembelajarannya. Selain pendekatan pembelajaran kualitas perencanaan pembelajaran sangat menentukan kualitas pembelajaran. Perangkat pembelajaran berciri pendekatan saintifik yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang memuat aktivitas belajar mengajar dan disesuaikan dengan langkah-langkah pembelajaran pada pendekatan saintifik. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran berciri pendekatan saintifik pada materi peluang yang valid praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Plomp (dalam Hobri 2010) yang terdiri atas lima fase yaitu (1) fase investigasi awal (2) fase desain (3) fase realisasi/konstruksi (4) fase tes evaluasi dan revisi (5) fase implementasi. Namun fase implementasi tidak dilaksanakan dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya penelitian. Uji kevalidan dilakukan oleh dua orang validator yakni satu dosen matematika Universitas Negeri Malang yang menempuh pendidikan minimal S2 selaku validator ahli dan satu guru matematika SMK yang telah berpengalaman mengajar minimal 3 tahun dengan pendidikan minimal S1 Pendidikan Matematika selaku validator praktisi. Sedangkan uji kepraktisan dan uji keefektifan dilakukan dengan menerapkan produk pada siswa kelas XI sebagai subjek uji coba dengan diamati oleh dua orang observer / pengamat. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) skor validasi RPP dan LKS berturut-turut adalah 3 40 dan 3 43 (2) skor kepraktisan RPP dan LKS berturut-turut adalah 3 85 dan 3 21 (3) skor keefektifan 3 70 dan (4) 90% siswa mendapatkan nilai ulangan harian di atas 75 untuk skala 0-100. Dengan demikian perangkat pembelajaran ini telah dinyatakan valid praktis dan efektif. Meskipun begitu revisi tetap dilakukan berdasarkan saran dari validator dan hasil uji coba demi penyempurnaan produk yang dikembangkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17517 |
Actions (login required)
View Item |