Penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kreativitas berpikir siswa kelas VII-U MTs Ma'arif Sidomukti Gresik pada pokok bahasan bangun datar / Dwi Aulia Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kreativitas berpikir siswa kelas VII-U MTs Ma'arif Sidomukti Gresik pada pokok bahasan bangun datar / Dwi Aulia Rahmawati

Rahmawati, Dwi Aulia (2017) Penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kreativitas berpikir siswa kelas VII-U MTs Ma'arif Sidomukti Gresik pada pokok bahasan bangun datar / Dwi Aulia Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati Dwi Aulia. 2017. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kreativitas Berpikir Siswa Kelas VII-U MTs. Ma arif Sidomukti Gresik Pada Pokok Bahasan Bangun Datar. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Rustanto Rahardi M.Si Kata Kunci PenemuanTerbimbing Kreativitas Berpikir Bangun Datar. Salah satu permasalahan yang dialami oleh siswa kelas VII-U adalah rendahnya kreativitas berpikir siswa.Berdasarkan data hasil observasi pada Januari 2017 menyatakan bahwa pembelajaran matematika yang dilaksanakan cenderung masih terpusat pada guru bukan pada siswa.Hasil pretes yang telah dilakukan peneliti di kelas VII-U MTsMa arif Sidomukti Gresik menunjukkan rata-rata nilai dari jawaban siswa yang kurang bervariasi dan masih relatif sama sebanyak 51 80.Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas berpikir siswa yaitu metode pembelajaran dengan penemuan terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitaif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam II siklus.Data yang dikumpulkan pada penelitian ini meliputi 1) hasil observasi aktivitas guru dan siswa dan 2) hasil tes akhir siklus. Penelitian inimenghasilkan langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan kreativitas berpikir siswa yang terdiri dari observasi merumuskan masalah mengajukan hipotesis merencanakan pemecahan masalah melaksanakan eksperimen analisis dan pengumpulan data dan penarikan kesimpulan. Kreativitas berpikir siswa dinilai dengan menggunakan indikator kreativitas berpikir siswa yang terdiri dari 1) berpikir lancar 2) berpikir luwes 3) berpikir orisinal 4) memperinci. Hasil tes akhir Siklus I diperoleh sebesar 26% dan untuk tes akhir siklus II diperoleh sebesar 82%. Jadi persentase kreativitas berpikir siswa mengalami peningkatan. Karena pada tes akhir siklus II lebih dari 75% siswa yang kreativitas berpikirnya berada pada kategori minimal baik. Sehingga penelitian tersebut dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17515

Actions (login required)

View Item View Item