Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah untuk mendukung kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII / Rizqi Annisavitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah untuk mendukung kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII / Rizqi Annisavitri

Annisavitri, Rizqi (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah untuk mendukung kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII / Rizqi Annisavitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Annisavitri Rizqi. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mendukung Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII. Skripsi. Jurusan Matematika. Pembimbing Latifah Mustofa Lestyanto S.Si M.Pd Kata Kunci perangkat pembelajaran literasi matematika persamaan kuadrat Penelitian ini dilatarbelakangi hasil studi pendahuluan tentang kemampuan literasi matematika siswa yang rendah. Hasil survei Programme for International Student Assessment (PISA) oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) tahun 2015 menunjukkan Indonesia diperingkat 62 dari 70 negara peserta PISA dengan skor 386. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang meliputi Silabus Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Soal Tes. Tujuan penelitian adalah mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis masalah pada materi persamaan kuadrat untuk mendukung kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII yang valid praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp meliputi tiga fase (1) penelitian awal (2) pengembangan dan (3) penilaian. Instrumen penelitian meliputi (1) pedoman wawancara (2) tes (3) lembar validasi (4) lembar observasi dan (5) angket. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 6 Malang. Hasil uji kevalidan perangkat pembelajaran dengan persentase silabus 86 36% RPP 90 1% LKS 84 37% dan soal tes 76 79%. Hasil uji kepraktisan perangkat pembelajaran observasi aktivitas guru dengan skor 3 5 dan observasi aktivitas siswa dengan skor 3 42. Hasil uji keefektifan perangkat pembelajaran angket respon siswa dengan skor 3 2 dan hasil tes literasi menunjukkan 80% siswa memperoleh skor 70. Jadi perangkat pembelajaran berbasis masalah untuk mendukung kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII dinyatakan valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17509

Actions (login required)

View Item View Item