Pengaturan strategi permainan mul-mulan menggunakan algoritma minimax / Kiky Citra Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaturan strategi permainan mul-mulan menggunakan algoritma minimax / Kiky Citra Wardani

Wardani, Kiky Citra (2017) Pengaturan strategi permainan mul-mulan menggunakan algoritma minimax / Kiky Citra Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardani Kiky Citra. 2017. Pengaturan Strategi Permainan Mul-mulan Menggunakan Algoritma Minimax. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Darmawan Satyananda S.T. M.T. Kata Kunci algoritma minimax mul-mulan Algoritma minimax adalah salah satu algoritma pada kecerdasan buatan yang sering digunakan dalam penyelesaian permainan dengan dua pemain. Algoritma minimax melakukan pencarian yang melihat ke depan memperhatikan apa yang akan terjadi kemudian untuk dipilih sebagai langkah berikutnya. Permainan yang bisa diselesaikan dengan menggunakan algoritma minimax salah satunya adalah mul-mulan. Mul-mulan adalah permainan papan yang dimainkan oleh dua pemain dengan cara meletakkan dan menggeser bidak. Algoritma minimax menentukan langkah terbaik komputer saat itu yang bisa memberikan keuntungan secara maksimum dan mengantisipasi langkah player selanjutnya yang mungkin membuat nilai komputer menjadi minimum. Pengimplementasian algoritma minimax dalam permainan mul-mulan dilakukan dengan cara memberikan nilai pada simpul pohon pencarian. Aplikasi permainan ini akan dibuat dalam bahasa pemrograman Delphi. Metode yang digunakan adalah metode waterfall. Metode waterfall adalah suatu metode pembuatan aplikasi yang dilakukan secara terstruktur dan berurutan. Aplikasi permainan mul-mulan menggunakan algoritma minimax dimainkan oleh manusia sebagai player dan komputer. Uji coba yang dilakukan memberikan hasil bahwa komputer memenangkan sebagian besar permainan melawan manusia (80%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17496

Actions (login required)

View Item View Item