Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif pada materi luas permukaan dan volume kubus untuk siswa kelas VIII SMP / Elis Dwi Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif pada materi luas permukaan dan volume kubus untuk siswa kelas VIII SMP / Elis Dwi Wulandari

Wulandari, Elis Dwi (2017) Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif pada materi luas permukaan dan volume kubus untuk siswa kelas VIII SMP / Elis Dwi Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Elis Dwi. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif pada Materi Luas Permukaan dan Volume Kubus untuk Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi. Program S1 Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra.Mimiep Setyowati Madja M.Kom Kata Kunci Multimedia Interaktif Media Pembelajaran Adobe Flash ADDIE. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang menuntut keterlibatan siswa untuk aktif dalam proses pembelajarannya. Materi pada mata pelajaran matematika bersifat abstrak sehingga siswa harus memahami konsep matematika dengan membaca dan memahami setiap kata atau kalimat pada permasalahan matematika dengan menggunakan simbol matematika. Dalam mengonkretkan pembelajaran matematika diperlukan adanya media pembelajaran sehingga guru dituntut untuk menggunakan berbagai media dalam pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat atau keaktifan siswa. Penggunaan media dapat memperlancar proses pembelajaran dan mengoptimalkan hasil belajar. Berdasarkan hasil wawancara informal kepada beberapa siswa kelas VIII SMP banyak siswa SMP hafal dengan rumus luas permukaan dan volume kubus akan tetapi mereka tidak mengetahui asal mula perolehan rumus tersebut. Selain itu mereka juga mengalami kesulitan ketika mengerjakan soal-soal cerita ataupun pemecahan masalah. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE sangat sederhana dan bisa digunakan dalam pengembangan media pembelajaran apapun. Tahapan yang dilakukan dalam mengembangkan media pembelajaran adalah (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation dan (5) Evaluation. Terdapat proses evaluasi di setiap tahapan. Pada proses evaluasi produk selalu mendapat perlakuan perbaikan untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Multimedia interaktif dikembangkan dengan Adobe Flash CS4 dan menghasilkan multimedia berbentuk aplikasi. Pada tahap development multimedia divalidasi oleh ahli materi dan media dengan hasil 90% (sangat valid) serta oleh ahli materi terhadap pembelajaran dengan hasil 94 4% (sangat valid). Multimedia yang telah divalidasi selanjutnya diuji coba pada sekelompok siswa kelas VIII SMP. Pada uji coba praktisi lapangan (guru dan siswa) diproleh hasil uji kepraktisan 87 19% (sangat praktis) dan 90 32% untuk kriteria menarik serta pada uji keefektifan diperoleh 100% yang menunjukkan media pembelajaran masuk kriteria efektif. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk multimedia interaktif materi luas permukaan dan volume kubus untuk siswa kelas VIII SMP yang telah dikembangkan dengan hasil valid praktis dan efektif sehingga menarik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17490

Actions (login required)

View Item View Item