Analisis model matematika penyebaran HIV/AIDS oleh pekerja sex perempuan / Novia Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis model matematika penyebaran HIV/AIDS oleh pekerja sex perempuan / Novia Anggraini

Anggraini, Novia (2017) Analisis model matematika penyebaran HIV/AIDS oleh pekerja sex perempuan / Novia Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraini Novia. 2017. Analisis Model Matematika Penyebaran HIV/AIDS oleh Pekerja Sex Perempuan Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph.D. Kata Kunci HIV/AIDS Model SIA Sistem Persamaan Diferensial Nonlinier Titik Kesetimbangan Sistem Persamaan Diferensial Nonlinier Bilangan Reproduksi Dasar HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan lentivirus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrom) merupakan penyakit yang menggambarkan berbagai gejala dan infeksi yang terkait dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh HIV. Penyebaran HIV/AIDS paling cepat bereaksi pada populasi pekerja sex perempuan dengan populasi umum. Model matematika yang digunakan untuk menyelidiki penyebaran HIV/AIDS yang difokuskan pada pekerja sex perempuan adalah model SIA yang hanya mempertimbangan penyebaran secara heteroseksual dan membagi populasi dewasa menjadi ketiga kelas yaitu laki-laki perempuan dan pekerja sex perempuan. Hasil analisis model diperoleh dua titik kesetimbangan yaitu titik kesetimbangan bebas penyakit E_0 dan titik kesetimbangan endemik E_1. Kestabilan kedua titik kesetimbangan bergantung pada bilangan reproduksi dasar R_0 yang dilakukan menggunakan NGM (Next Generation Matrix). Titik kesetimbangan E_0 stabil asimtotis jika R_01. Eksistensi kestabilan E_0 dilakukan menggunakan kriteria Routh-Hurwitz dan kondisi Castillo-Chavez sedangkan eksistensi kestabilan E_1 dilakukan menggunakan kestabilan Lyapunov.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17483

Actions (login required)

View Item View Item