Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) guna meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Malang / Dimas Aryo Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) guna meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Malang / Dimas Aryo Wicaksono

Wicaksono, Dimas Aryo (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) guna meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Malang / Dimas Aryo Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wicaksono Dimas Aryo. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Guna Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Abd. Qohar M.T. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Komunikasi Matematis Siswa. Berdasarkan observasi awal terhadap siswa kelas X MIPA 2 SMAN 2 Malang dan wawancara dengan guru matematika kelas tersebut didapatkan bahwa komunikasi tertulis siswa di kelas tersebut masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari pekerjaan siswa yang kurang matematis. Siswa belum memahami arti simbol dalam matematika dimana simbol merupakan bagian dari bahasa matematis tertulis dan juga mempunyai makna masing-masing dalam setiap penggunaannya. Pada permasalahan ini peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) yang dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa kelas X MIPA 2 SMAN 2 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) serta menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa kelas X MIPA 2 pada pokok bahasan komposisi fungsi dan fungsi invers. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini diawali dengan perencanaan dilanjutkan pada pelaksanan tindakan pengamatan serta analisis dan refleksi. Selain itu data pada penelitian ini diperoleh dari data observasi aktivitas guru dan siswa dan hasil tes akhir siklus. Data penelitian ini diperoleh dengan cara 1) observasi 2) tes akhir serta 3) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaraan kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut 1) tahap Think (Berpikir) yang dilakukan adalah dengan memberikan suatu permasalahan kontekstual untuk selanjutnya siswa mengamati dan menaya terkait permasalahan tersebut secara individu. Siswa menuliskan apa saja yang mereka pikirkan mengenai permasalahan yang dib erikan. Selain menyelesaikan permasalahan tersebut siswa juga menuliskan pertanyaan terkait kesulitan yang dialaminya. 2) tahap Talk (Berbicara) dilakukan pada saat diskusi secara berkelompok. Siswa pada tahap ini bertukar ide yang sudah mereka miliki dan mereka tulis pada saat diberikan permasalahan pada tahap think. Pada saat diskusi kelompok siswa diminta aktif melakukan diskusi dengan teman kelompoknya. 3) tahap Write (Menulis) dilakukan secara individu oleh siswa dengan cara menuliskan kesimpulan berdasarkan hasil diskusi kelompok dan hasil pembahasan secara klasikal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17476

Actions (login required)

View Item View Item