Adiafidah, Rosa Amalia (2016) Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII F SMP Negeri 3 Batu / Rosa Amalia Adiafidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Adiafidah Rosa Amalia. 2016.Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran MatematikapadaSiswaKelas VII-F SMP Negeri 3 Batu. Skripsi JurusanMatematika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Dr. Abd.Qohar MT. Kata Kunci problem based learning keaktifansiswa BerdasarkanhasilpengamatanpenelitipadasaatpelaksanaanKajianPraktekLapangan (KPL) siswacenderungtidakberperanaktifpadakegiatanpembelajaran.Selainitu darihasilwawancaradengan guru matematika SMP Nergeri 3 Batu siswalebihterbiasadibimbingdalammemahamimaterisehinggadiskusikelompokkurangefektifkarenasiswabanyakbertanyakepada guru.Untukmengatasimasalahini penelitimenggunakanmetodeproblem based learning (PBL) ataupembelajaranberbasismasalahuntukmeningkatkankeaktifansiswa.PBL merupakanpembelajarandimanasiswadiberikanbeberapamasalah yang berhubungandengankehidupansehari-hariuntukdiselesaikansecaraberkelompok. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipeningkatankeaktifansiswaselamapembelajarandenganmenggunakan PBL.Indikatorkeaktifansiswadilihatdarikegiatansiswadalambertanya/menjawabpertanyaan berdiskusi danmenyampaikanpendapat yang relevan. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas (PTK).Lokasipenelitianiniadalah di SMP Negeri 3 Batu.Subjekpenelitianiniadalahseluruhsiswakelas VII-F SMP Negeri 3 Batu yang berjumlah 30 siswa.Data yang dikumpulkandalampenelitianiniadalah data kualitatifberupahasilobservasikegiatansiswa kegiatan guru dankeaktiifanbelajarsiswa. Hasilpenelitianinimenunjukkanadanyapeningkatanrata-rata keaktifansiswadari44 8275% pada siklus 1 menjadi 81 667% pada siklus 2.Peningkatan keaktifan siswa ini juga didukung oleh peningkatan aktifitas guru dari 75 961% pada siklus 1 menjadi 86 217% pada siklus 2.Hasiltersebutdidapatdaripenerapanmodel problem based learning (PBL) denganlangkah-langkahsebagaiberikut 1) memberikanmasalah yang berhubungandengankehidupansehari-hari 2) mengklarifikasiistilah pernyataanataukonsep yang belumdiketahui 3) merumuskan masalah 4) menganalisamasalah 5) merumuskan gagasan dan tindakan yang akan dilakukan 6) melakukan penyelidikan mandiri (kelompok) 7) memantapkan gagasan merumuskan tindakan lebih lanjut 8) melaporkan selesaian masalah evaluasi proses. DewanPenguji Ketua Drs. Dwiyana M.Pd Ph.D NIP. 195403006 1988203 1 005 Anggota Dr. Abdul Qohar MT. NIP. 19680321 200312 1 001 Anggota MochammadHafiizh S.Pd M.Si. NIP. 19880418 200404 1 001
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17465 |
Actions (login required)
View Item |